Sebanyak 85 item atau buku ditemukan

Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan

Penelitian dalam bidang sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan memiliki puluhan tawaran metodologis. Namun demikian, tidak dapat dielakkan adanya pengaruh kuat dari pendekatan dalam penelitian kuantitaif atau kualitatif. Dalam penelitian ilmu sosial, pendekatan kuantitatif dan kualitatif sudah berkembang sekitar tahun 1960-an sehingga para pakar tidak lagi mempersoalkannya. Bahkan, terdapat kecenderungan adanya kesesuaian metodologis terhadap topik penelitian meskipun tidak dimungkiri sebagian pakar khususnya di Indonesia masih terpetak-petak dalam kubu kuantitaif dan kubu kualitatif. Sering kali pakar kuantitatif dalam bidang ilmu-ilmu sosial menjadi fanatik dan bertolak belakang dengan kubu kualitatif yang menganggap pendekatan kualitatif sebagai penelitian yang tidak obyektif, subyektif, tidak representatif, dan tidak reliable. Buku yang terdiri atas delapan bab ini akan mengajak pembaca memahami seluk beluk metodologi penelitian kualitatif dalam ranah pendidikan, sosial, kebudyaan dan keagamaan. Buku ini akan lebih jauh mengulas metode penelitian kualitatif sebagai salah satu tipe penelitian yang tidak kalah populer dan kredibel dengan tipe kuantitatif.

Penelitian dalam bidang sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan memiliki puluhan tawaran metodologis.

BELAJAR TEORI DAN PRAKTIK DALAM PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat dan rahmad-Nya sehingga buku ini dapat diselesaikan dengan baik. Penulisan buku yang berjudul Belajar Teori dan Praktik dalam Penelitian Tindakan Sekolah. Dalam menyelesaikan buku ini penulis melaksanakan dengan baik, tetapi menyadari bahwa tetap ada kekurangan, baik dari segi penulisan, isi materi, maupun penggunaan bahasa yang kurang tepat. Oleh karena itu, sangat mengharapkan masukan dari para pembaca berupa kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan di kemudian hari. Pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku ini, yaitu orang tua tercinta, Toulombowo Telaumbanua (+) dan Sa’ati Zega (+) yang telah melahirkan dan membesarkan penulis. Istri tersayang, Riliani Zega, S.Tr.Keb. dan ketiga anak putra Firest Nifataro Telaumbanua, Fincent Bualasaro Telaumbanua, dan putri Futty Nonifili Telaumbanua yang telah memberikan sumbangan dan dukungan baik secara moral, material, dan spiritual. Akhir kata penulis sampaikan. Semoga buku ini dapat diterima dengan baik dan bermanfaat bagi dunia pendidikan. Terima kasih.

A. Hasil Penelitian Sebelum melakukan tindakan penelitian, peneliti terlebih
dahulu melakukan kegiatan orientasi sebagai studi pendahuluan. Dalam
kegiatan ini mendiagnosis guru sehingga pada saat sebelum diadakannya
workshop ...

SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI

Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan Mahasiswa dalam matakuliah Sejarah Pemikiran Ekonomi. Seperti layaknya sebuah buku, maka pembahasan dimulai dengan menjelaskan tujuan yang hendak dicapai dan disertai dengan soal yang mengukur tingkat penguasaan materi setiap topik. Dengan demikian, pengguna buku ini secara mandiri dapat mengukur tingkat ketuntasan yang dicapai oleh Mahasiswa.

Tokoh-tokoh pemikir ekonomi pada masa skolastik yang terkenal yaitu, St.
Albertus magnus (1206-1280) dan Thomas Aquinas (12251274) 3.
Merkantilisme berasal dari kata "Merchant" yang berarti pedagang. Dalam
paham merkantilisme ...

Metode Penelitian Kuantitatif

Buku dengan judul Metode Penelitian Kuantitatif. Adapun tujuan dari penyusunan buku ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pegangan bagi mahasiswa terlepas apa pun jurusan yang ditempuh dan juga bagi para peneliti di lapangan. Metode Penelitian Kuantitatif ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

2) Penelitian Deskriptif Penelitian ini dilakukan untuk memberikan gambaran
yang lebih detail mengenai suatu gejala atau fenomena. Hasil akhir dari
penelitian ini biasanya berupa tipologi atau pola-pola mengenai fenomena yang
sedang ...

METODE PENELITIAN SOSIAL TEORI DAN APLIKASI

Penelitian sosial merupakan upaya ilmiah dan sistematis yang dilakukan oleh peneliti untuk menjelaskan fenomena sosial, baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif.

Penelitian sosial merupakan upaya ilmiah dan sistematis yang dilakukan oleh peneliti untuk menjelaskan fenomena sosial, baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif.

Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis

Perguruan tinggi perlu melakukan inovasi untuk mencapai kualitas pendidikan yang baik; dan salah satunya inovasi penelitian yang dilakukan oleh para dosen/staf pengajar. Tugas utama perguruan tinggi atau lembaga pendidikan tinggi (universitas/akademi/ sekolah tinggi) yakni pendidikan pengajaran, penelitian (riset ilmiah), dan pengabdian kepada masyarakat. Atas dasar inilah, buku ini dipersembahkan sebagai salah satu rujukan utama bagi para dosen/pengajar dan mahasiswa untuk bagaimana mengkonstruksi ilmu pengetahuan secara benar. Buku persembahan Prenada Media Group.

Perguruan tinggi perlu melakukan inovasi untuk mencapai kualitas pendidikan yang baik; dan salah satunya inovasi penelitian yang dilakukan oleh para dosen/staf pengajar.

AKTUALISASI: Peningkatan Kualitas Media Informasi Unit Perencanaan Berbasis Daring dan Visual

Belum optimalnya kualitas media informasi Unit Perencanaan berbasis daring dan visual di IAIN Jember menjadi core issue yang diangkat pada kegiatan aktualisasi ini. Pemilihan core issue ini berdasarkan pada 3 pertimbangan utama. Pertama, Unit Perencanaan belum memiliki media daring (Website, Fanspage) sebagai media informasi yang dapat dimanfaatkan untuk penyampaian informasi, misalnya tentang profil perencanaan, struktur organisasi, notulensi kegiatan, kegiatan evaluasi anggaran, persiapan penyusuanan anggaran, review usulan anggaran, sosialisasi dan koordinasi penguatan SDM Perencanaan. Kedua, penggunaan media informasi secara visual (Poster/Banner) belum terlaksana secara maksimal untuk dimanfaatkan dalam memberikan informasi secara publik, misalnya berkaitan dengan tentang visi misi dan program kerja perencanaan tahun 2020. Ketiga, perlunya peningkatan kualitas media informasi berbasis daring guna mendukung program pemerintah dalam menghadapi revolusi industri 4.0 karena dengan pemanfaatan teknologi daring tersebut informasi tersampaikan secara efektif dan efisien.

Belum optimalnya kualitas media informasi Unit Perencanaan berbasis daring dan visual di IAIN Jember menjadi core issue yang diangkat pada kegiatan aktualisasi ini.

Administrasi Kearsipan di Era Teknologi Informasi

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, pekerjaan administrasi kearsipan semakin mudah, simpel dan aman, menggunakan aplikasi kearsipan elektronik. Untuk dapat melaksanakan pekerjaan adminitrasi kearsipan di era teknologi sekarang ini, diperlukan pengetahuan dan keterampilan dasar pengelolaan arsip secara manual menjadi dasar untuk dapat mengelola arsip secara elektronik, maka diperlukan keterampilan manajemen file, alih media arsip, dan penggunaan aplikasi kearsipan elektronik.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, pekerjaan administrasi kearsipan semakin mudah, simpel dan aman, menggunakan aplikasi kearsipan elektronik.

Memahami Istilah-istilah Ilmu Tajwid & Ilmu Qira’at

Diandra Kreatif

Wa ba'du (dan sesudahnya). Adapun judul risalah ini adalah Ta'rifat fi Isthilahat 'Ilma at-Tajwid wa al-Qira'at.Dan kami telah menghimpunnya dari beberapa kitab tajwid dan qira'at baik yang kecil maupun yang besar serta kami mengurutkannya menurut bab-bab sesuai dengan apa yang dibahas dengan maksud mempermudah mencari dan memahaminya terkhusus untuk para pembaca dan umumnya untuk siapapun yang sengaja perdalamnya.

Wa ba'du (dan sesudahnya).

Tahsin al-Qur'an Berbasis Teknologi

Modul Pegangan Guru Kelas VII MTs

Membaca al-Qur’an bagi seorang muslim dan muslimah merupakan suatu ibadah dan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupannya. Sebab sebaik-baik manusia adalah orang yang belajar al-Qur’an dan mengajarkannya. Dengan demikian orang yang terbaik menurut Nabi adalah siapa saja di antara kita yang mau belajar al-Qur’an dan mengajarkannya. Jika ada di antara kita yang belum mau belajar al-Qur’an dan tidak mau mengajarkannya berarti itu adalah orang yang belum sampai menjadi terbaik menurut Nabi. Akan tetapi realitas yang ada di masyarakat kita masih banyak orang tidak pandai baca al-Qur’an sama sekali. Masih banyak juga orang membaca al-Qur’an tidak sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada, dan lain sebagainya. Saat ini pembelajaran tahsin al-Qur’an di madrasah tsanawiyah masih manual dilakukan dan dibutuhkan pengembangan. Pembelajaran yang demikian tentunya kurang efektif lagi untuk dilakukan sesuai dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Sebab pembelajaran yang manual atau konvensional tersebut sangat membosankan bagi siswa dan banyak menghabiskan waktu atau bahasa lainnya waktu kurang akurat digunakan dalam mengajar. Oleh karena itu sangat dibutuhkan pembelajaran yang sangat menyenang-kan dan praktis untuk menunjang kualitas siswa dalam membaca al-Qur’an. Modul yang ada dihadapan anda ini merupakan modul model drill dalam pembelajaran tahsin al-Qur’an dengan pendekatan teknologi. Dengan adanya modul ini diharapkan bermanfaat bagi guru yang mengajar tahsin al-Qur’an sebagai pedoman untuk pengembangan ilmu dan pengetahun khususnya pendidikan Islam itu sendiri. Sebab dengan modul ini akan membantu guru dalam mengajar tahsin al-Qur’an dengan teknologi. Modul tahsin al-Qur’an yang ada dihadapan anda ini, tentunya masih banyak kekurangan-kekurangan ataupun sangat jauh dari kesempurnaan-kesempurnaan. Oleh karena itu kritikan dan saran-saran yang sifatnya membangun dari saudara-saudari sangat diharapkan demi kesempurnaan modul tahsin al-Qur’an ini.

Membaca al-Qur’an bagi seorang muslim dan muslimah merupakan suatu ibadah dan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupannya.