Dalam rangka penyelarasan kebutuhan sumber daya manusia Indonesia yang bermutu dan produktif sesuai dengan standar kompetensi kerja baik nasional maupun internasional dengan capaian pembelajaran (learning outcomes) yang sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang dihasilkan oleh sistem pendidikan formal, informal, nonformal, pelatihan maupun pengalaman kerja yang diakui dengan sistem pengakuan pembelajaran lampau maupun kemampuan saat ini. Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. (KKNI). Dalam KKNI berisi dua deskripsi, yaitu deskripsi umum dan deskripsi spesifik. Deskripsi umum mendeskripsikan karakter, kepribadiaan, sikap dalam berkarya, etika, moral dari setiap manusia dan berlaku pada setiap jenjang. Sedangkan deskripsi spesifik mendeskripsikan cakupan keilmuan (science), pengetahuan (knowledge), pemahaman (know-how) dan keterampilan (skill) yang dikuasai seseorang bergantung pada jenjangnya. Buku ini terdiri dari delapan bab, bab pertama berisikan pendahuluan yaitu menjabarkan rencana pembelajaran, bab dua tentang konsep pengembangan kurikulum pendidikan di Indonesia, bab tiga tentang landasan pengembangan kurikulum, bab empat tentang otonomi kurikulum sekolah, bab kelima tentang macam dan jenas kurikulum, bab enam tentang kondisi ideal sekolah, bab ke tujuh tentang pengembangan dan model pembelajaran kurikulum 2013, dan bab terakhir membahas tantang bagaimana mengukur keberhasilan pengembangan kurikulum.
Dalam rangka penyelarasan kebutuhan sumber daya manusia Indonesia yang bermutu dan produktif sesuai dengan standar kompetensi kerja baik nasional maupun internasional dengan capaian pembelajaran (learning outcomes) yang sesuai dengan ...