Buku ini ditulis, untuk menambah literatur tentang Ilmu Pendidikan Islam (IPI), walaupun sudah begitu banyak literatur mengenai bidang kajian ini, namun penulis tetap berharap semoga kehadiran buku ini dapat turut berperan serta dalam memperkaya sumber bacaan yang diperlukan sebagai bahan perbandingan ataupun dukungan terhadap bahan kajian yang sudah ada. Buku ini terdiri dari delapan bab, yaitu pertama, membahas pengertian, ruanglingkup dan kegunaan Ilmu pendidikan Islam; kedua, dasar-dasar pendidikan Islam; ketiga, tujuan dan fungsi pendidikan Islam; keempat, pendidik dan peserta didik dalam pendidikan Islam; kelima, kurikulum pendidikan Islam, keenam, metode dalam pendidikan Islam; ketujuh, media pendidikan Islam; kedelapan, penilaian dalam pendidikan Islam dan kesembilan, tokoh-tokoh pendidikan Islam.
Kepribadian Guru, Jakarta: Bulan Bintang Daryanto. 1997. Kamus Bahasa
Indonesia Lengkap. Surabaya: Apollo Depag RI, 1995. Al-Qur'an dan
Terjemahnya, ... pada Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press
Hasan, Ali dan Mukti Ali. 2003. Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam. Jakarta:
Pedoman Ilmu Jaya. ... Perbandingan Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
Langgulung, Hasan. 1986. Manudia dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka Al-Husna
Marimba, 204.