Sebanyak 2536 item atau buku ditemukan

PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Judul : PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM Penulis : Dr. Yunus, S.Pd.I, M.Pd.I., dan M. Khotib Arifai, S.E., M.M Editor : Mukhlisin, S. Kom.I., M.Pd.I Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 208 Halaman No ISBN : 978-623-497-242-9 Tahun Terbit : Januari 2023 SINOPSIS Buku ini sebagai proses strategi dalam penguatan manajemen pendidikan Islam proses pemanfaatan semua sumber daya melalui bantuan orang lain dan bekerjasama agar tujuan bersama bisa dicapai secara efektif, efesien, dan produktif. Sedangkan Pendidikan Islam merupakan proses transinternalisasi nilai-nilai Islam kepada peserta didik sebagai bekal untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan di dunia dan di akhirat. Buku ini membahas segala hal dan proses-proses yang berlangsung dapat benar-benar dikelola dengan baik sehingga proses pendidikan agar mencapai tujuan pendidikan Islam dapat lebih mudah terwujud. Ruang lingkup praktik manajemen pendidikan Islam meliputi manajemen kelembagaan dan program pendidikan Islam serta aspek spirit Islam melekat pada setiap aktivitas pendidikan., sentralisasi, rantai skalar, tertib, pemerataan, stabilitas dalam menjabat, inisiatif, dan semangat kelompok. Maka akan terwujud pembagian kerja, kejelasan dalam wewenang dan tanggung jawab, disiplin, kesatuan arah, lebih memprioritaskan kepentingan umum/organisasi daripada kepentingan pribadi dalam memberikan kontra prestasi.

Judul : PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM Penulis : Dr. Yunus, S.Pd.I, M.Pd.I., dan M. Khotib Arifai, S.E., M.M Editor : Mukhlisin, S. Kom.I., M.Pd.I Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 208 Halaman No ISBN : 978-623-497-242-9 Tahun Terbit : ...

Pengantar Manajemen Pendidikan

Secara filosofis, perilaku manusia terbentuk oleh interaksi antar manusia, iklim organisasi (konteks organisasi), dan sistem. Ketiga interaksi tersebut baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama saling berinteraksi pula dengan lingkungan eksternalnya. Pendidikan yang visioner, memiliki misi yang jelas akan menghasilkan keluaran yang berkualitas. Dari sanalah pentingnya manajemen pendidikan diterapkan. Dalam buku Pengantar Manajemen Pendidikan ini terdiri dari 12 Bab, yaitu : Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Bab 2 Karakteristik Konsep Manajemen Pendidikan Bab 3 Pendekatan-pendekatan dalam Manajemen Pendidikan Bab 4 Manajemen Pengelolaan Pembelajaran Bab 5 Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah Bab 6 Manajemen Mutu dalam Pendidikan Bab 7 Manajemen Peserta Didik Bab 8 Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Bab 9 Manajemen Sarana dan Prasarana Bab 10 Supervisi Pendidikan Bab 11 Kepemimpinan dalam Manajemen Pendidikan Bab 12 Manajemen Pendidikan Di Era Digital

Dalam buku Pengantar Manajemen Pendidikan ini terdiri dari 12 Bab, yaitu : Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Bab 2 Karakteristik Konsep Manajemen Pendidikan Bab 3 Pendekatan-pendekatan dalam Manajemen Pendidikan Bab 4 Manajemen ...

Studi Metodologi Tafsir

Sejarah penafsiran dan metodologi tafsir al-Qur’an telah melewati berbagai fase yang panjang, rumit dan kompleks. Awalnya, penafsiran merupakan usaha menemukan maksud yang sesuai dengan teks, namun pada tahap selanjutnya proyeksi penafsiran terkontaminasi dengan usaha menundukkan al-Qur’an demi kepentingan kelompok keagamaan dan individu. Dalam beberapa penelitian, produk-produk penafsiran al-Qur’an dari generasi ke generasi memiliki corak dan karakteristik yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, antara lain adalah adanya perbedaan situasi sosio-historis di mana seorang mufasir hidup. Bahkan situasi politik yang terjadi ketika mufasir melakukan kerja penafsiran juga sangat kental mewarnai produk-produk penafsirannya. Di samping cakupan makna yang dikan-dung oleh al-Qur’an memang sangat luas, perbedaan dan corak penafsiran itu juga disebabkan perbedaan keahlian yang dimiliki oleh masing-masing mufasir.

Pendidikan itu dimulai pada umur enam tahun ketika beliau dan sekeluarga pindah dari Maninjau ke Padang Panjang tahun 1914. Pada tahun 1916, Zainuddin Labai al-Yunusi mendirikan sekolah diniyah di Pasar Usang Padang Panjang, ...

Korupsi Menurut Prof. Hamka (Studi Tafsir Al-Qur’an Al-Azhar Karya Prof. Hamka)

dan Demokrasi, Revolusi Pikiran, Revolusi Agama, Didalam Lembah Cita-cita, Adat Minangkabau Menghadapi Revolusi, Ringkasan Tarikh Umat Islam, Sejarah Umat Islam (1938-1955), 4 jilid. Setelah Hamka pindah ke Jakarta (1949), di sinilah ia ...

METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF

Petunjuk Praktis untuk Penelitian Lapangan, Analisis Teks Media, dan Kajian Budaya

Buku Metodologi Penelitian Kualitatif ini berangkat dari pemikiran sederhana dan dari pengalaman keseharian penulis ketika mengajar metodologi penelitian kualitatif. Banyak keluhan dari mahasiswa ketika menyelesaikan tugas akhir mereka. Bahwa menyusun skripsi, tesis, dan disertasi ataupun penelitian lainnya terasa sangat sulit, terutama dalam menyelaraskan antara masalah, paradigma, pendekatan, dan teori dalam penelitian. Buku ini sengaja dimunculkan untuk mengatasi kegagapan tersebut, Makanya pembaca akan menemukan tuntunan ringkas dan sederhana dalam buku ini bagaimana caranya melakukan penelitian kualitatif. Petunjuk dan bimbingan praktis ini yang nyaris gagal disediakan oleh sebagian besar penulis metodologi penelitian kualitatif Kelebihan lain buku metodologi kualitatif ini adalah pembahasan tentang kajian budaya (cultural studies). Selama ini kajian budaya (cultural studies) di tempatkan di luar penelitian kualitatif. Ia merupakan pembahasan metodologi tersendiri. Padahal sepantasnyalah kajian budaya (cultural studies) berada dalam pendekatan kualitatif. Ini bisa dibaca dari sejarah dan asumsi dasarnya.

Buku Metodologi Penelitian Kualitatif ini berangkat dari pemikiran sederhana dan dari pengalaman keseharian penulis ketika mengajar metodologi penelitian kualitatif.

Metode Analisis Isi (Metode Penelitian Populer Ilmu-ilmu Sosial)

Dunia yang semakin kompleks terjepit di antara disrupsi dan pandemi yang tak kunjung usai telah membuka (uncover) berbagai fenomena yang perlu ditangkap dan dijelaskan kadar kebenarannya. Kondisi tersebut menjadi peluang untuk dapat semakin memahami dunia, bukankah memang tugas umat manusia untuk dapat menjelaskan tentang bagaimana dunia ini bekerja (how the world works) melalui cara-cara yang sistematis dan dapat dipertanggungjawabkan. Berbagai informasi berupa teks dan dokumen yang tumpah ruah menjadi bahan penting untuk memahami dunia dan cara untuk memahaminya adalah melalui metode analisis isi. Metode analisis isi sendiri mampu menangkap pola dari berbagai sumber informasi terutama informasi berbentuk teks dan dokumen. Berbagai pemberitaan media masa, dokumen pemerintah, wawancara para pejabat, hingga naskah pidato adalah contoh dokumen dan teks yang membanjiri dunia saat ini dan perlu untuk diketahui bagaimana pola yang muncul dan apa artinya. Buku ini mencoba untuk berkontribusi dalam menjelaskan secara utuh tentang metode analisis isi baik dalam aspek teori maupun praktik. Konten Buku ini diawali dengan menjawab pertanyaan mendasar tentang apa itu definisi analisis isi dan sejarahnya lalu mulai bergerak ke konten inti metode penelitian yang mengurai tahapan metode analisis dan perangkatnya. Lalu berakhir pada bagaimana cara memahami data hasil analisis isi dan kemudian menuliskan interpretasinya. Secara sistematis metode analisis isi telah dijelaskan dalam buku ini, selain itu juga telah dituliskan aspek praktik dalam sebuah metode penelitian melalui penerapan analisis isi dalam studi kebijakan publik. Penulis berharap bahwa buku ini dapat memberikan dasar dan menjadi contoh praktik untuk kalangan pembaca yang tertarik dengan bagaimana cara kita semakin memahami dunia yang kompleks ini berdasarkan informasi yang tersebar dalam berbagai medium.

Dunia yang semakin kompleks terjepit di antara disrupsi dan pandemi yang tak kunjung usai telah membuka (uncover) berbagai fenomena yang perlu ditangkap dan dijelaskan kadar kebenarannya.

Analisis Wacana Kebijakan Pendidikan (Konsep dan Implementasi)

Pada bab pertama buku ini, pembaca akan diajak menganalisis wacana dalam pendidikan menggunakan perspektif politik pendidikan, sehingga faktor subjektifitas pembaca dalam mencermati sebuah tulisan terkait pendidikan bisa ditanggulangi. Pada bab kedua, pembaca akan disiguhkan mengenai analisis wacana pendidikan perspektif biaya dan manfaat (cost and benefit analysis. Penyusunan buku ini tidak hanya menyajikan konsep belaka mengenai analisis wacana pendidikan, akan tetapi pembaca akan banyak menemukan contoh implementasi analisis acana pendidikan.

Pada bab pertama buku ini, pembaca akan diajak menganalisis wacana dalam pendidikan menggunakan perspektif politik pendidikan, sehingga faktor subjektifitas pembaca dalam mencermati sebuah tulisan terkait pendidikan bisa ditanggulangi.

Anak & Media Pembelajaran (Studi Empirik & Analisis Faktual)

Cakupan dalam buku membahas terkait; pengaruh acara TV dan perkembangan karakter anak, pengaruh tayangan televisi dalam pembinaan keluarga, keluarga dan televisi, pengembangan karakter dimulai sejak anak usia dini, paradigma baru pendidikan, pengembangan IQ tanpa mengesampingkan EQ, cara mendidik anak lewat tayangan televisi, pendidikan karakter melalui pembelajaran ilmu sosial, dan alternatif pilihan game edukasi bagi anak.

Cakupan dalam buku membahas terkait; pengaruh acara TV dan perkembangan karakter anak, pengaruh tayangan televisi dalam pembinaan keluarga, keluarga dan televisi, pengembangan karakter dimulai sejak anak usia dini, paradigma baru pendidikan ...

Educational Research

Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research

This title is only available as a loose-leaf version with Pearson eText, or an electronic book. A practical, step-by-step core research text that balances coverage of qualitative and quantitative methods Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research offers a truly balanced, inclusive, and integrated overview of the field as it currently stands. This text provides thorough coverage of the methods and procedures used in quantitative, qualitative, and mixed-methods research. It helps students learn how to begin to conduct research and see a project through preparation of a manuscript, and it also helps students learn how to read and evaluate research reports. Video-Enhanced Pearson eText. Included in this package is access to the new Video-Enhanced eText for exclusively from Pearson. The Video-Enhanced Pearson eText is: Engaging. Full-color online chapters include dynamic videos that show what course concepts look like in real classrooms, model good teaching practice, and expand upon chapter concepts. Video links, chosen by our authors and other subject-matter experts, are embedded right in context of the content you are reading Convenient. Enjoy instant online access from your computer or download the Pearson eText App to read on or offline on your iPad and Android tablets.* Interactive. Features include embedded video, embedded assessment, note taking and sharing, highlighting and search. Affordable. Experience all these advantages of the Video-Enhanced eText along with all the benefits of print for 40% to 50% less than a print bound book. *The Pearson eText App is available for free on Google Play and in the App Store.* Requires Android OS 3.1 - 4, a 7" or 10" tablet or iPad iOS 5.0 or newer 0133831531 / 9780133831535 Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, Loose-Leaf Version with Video-Enhanced Pearson eText -- Access Card Package Package consists of: 0133549585 / 9780133549584 Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, Loose-Leaf Version 0133570088 / 9780133570083 Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, Video-Enhanced Pearson eText -- Access Card

This text first examines the general steps in the research process and then details the procedures for conducting specific types of quantitative, qualitative, and mixed methods studies.