Sebanyak 2391 item atau buku ditemukan

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA INDUSTRI HOSPITALITY

Diandra Kreatif

Buku ini merupakan buah fikir penulis yang dilakukan melalui kajian pustaka yang sangat mendalam dan fokus pada permasalahan- pemasalahan yang terkait pada Manajemen Sumber Daya Manusia Industri Hospitality. Buku ini menjadi sangat penting karena manusia merupakan pelaku utama pembangunan sekaligus penikmat hasil pembangunan, karena itu diperlukan kualitas SDM yang mempuni agar bisa menjadi penggerak dalam proses pembangunan di berbagai bidang. Hasil kajian dari buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mengatasi permasalahan yang ada di bidang manajemen sumber daya manusia dan referensi bagi penentu kebijakan yang terkait sekaligus sebagai pemicu bagi penulis lainnya untuk menggali dan mengkaji lebih dalam lagi terhadap beberapa aspek yang diperlukan.

Buku ini merupakan buah fikir penulis yang dilakukan melalui kajian pustaka yang sangat mendalam dan fokus pada permasalahan- pemasalahan yang terkait pada Manajemen Sumber Daya Manusia Industri Hospitality.

MANAJEMEN DAN STRATEGI PENYELESAIAN MASALAH DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan berkat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan buku referensi sebagai luaran tambahan dari hasil penelitian yang telah didapat dari Kemenristek Dikti 2020 hibah Penelitian Dosen Pemula tepat pada waktunya. Buku ini berisi tentang Manajemen dan Strategi Penyelesaian Masalah dalam Pelayanan Keperawatan. Buku referensi ini diharapkan dapat menambah wawasan, ilmu pengetahuan, dan referensi bagi pengajar, mahasiswa, peneliti, dan praktisi keperawatan serta memberi informasi kepada masyarakat. Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang sudah membiayai penelitian PDP 2020. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Universitas Sari Mutiara Indonesia dan LPPM Universitas Sari Mutiara Indonesia yang telah memfasilitasi penelitian ini. Kami menyadari penulisan buku ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu, kami mengharapkan saran yang membangun dari pembaca agar buku referensi ini menjadi lebih baik. Akhir kata, kami ucapkan terima kasih.

Buku ini berisi tentang Manajemen dan Strategi Penyelesaian Masalah dalam Pelayanan Keperawatan.

Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis

Buku ini membahas hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan penelitian pendidikan. Mengawali pembahasan penelitian pendidikan sesuai dengan judul buku, pada bagian pendahuluan diuraikan tentang sejarah munculnya berpikir dengan menggunakan metode ilmiah (Scientific method), sebagai titik tolak munculnya penelitian ilmiah (research), dilanjutkan dengan uraian tentang jenis-jenis penelitian pendidikan baik penelitian dasar (pure research), penelitian terapan (applied research); penelitian kuantitatif dan kualitatif (Quantitative and qualitative research) disertai contoh penerapannya dalam bidang pendidikan dan metode penelitian campuran (Mix method), beserta model-modelnya yang merupakan metode penelitian pendidikan yang cenderung saat ini banyak digunakan oleh para peneliti dalam bidang pendidikan. Sebagai bukti bahwa begitu banyak dan kompleksnya penelitian ilmiah yang dapat dilakukan dalam bidang pendidikan, pada bagian awal pembahasan buku ini pun diuraikan tentang area atau wilayah bidang pendidikan yang dapat dikaji melalui penelitian ilmiah. Buku persembahan Prenada Media Group.

Buku ini membahas hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan penelitian pendidikan.

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Model pembelajaran merupakan representasi metode pembelajaran yang berisi seperangkat strategi pembelajaran yang terintegrasi dan dideskripsikan secara detail sebagai panduan dalam melaksanakan praktek pembelajaran. Model menjembatani antara teori dengan praktek, artinya model bersifat menerjemahkan dari teori kedalam dunia konkrit dan praktek. Lingkup model pembelajaran adalah lingkup mikro, bagaimana sebuah metode pembelajaran dengan segenap prosedur strateginya diaplikasikan dan diuraikan secara detail. Adapun lingkup model pengembangan pembelajaran adalah lingkup makro, bagaimana sebuah metode pembelajaran, dipilih melalui serangkaian proses analisis, dirancang, dikembangkan, diproduksi, diaplikasikan, dievaluasi dan diinstalasikan sebagai rangkaian proses pengembangan pembelajaran. Berkembangnya beragam model-model pembelajaran menunjukkan semakin berkembangnya konsepsi teknologi pembelajaran yang seiring dengan berkembangnya teori belajar dan pembelajaran. Hal ini berarti teori serta praktik dalam teknologi pembelajaran, mengandung pengertian terus-menerus dibangun dan diperbaiki melalui kegiatan penelitian dan praktek reflektif, dimana istilah tersebut juga tercakup sebagai makna dari studi, yaitu studi yang mengacu pada kegiatan pengumpulan informasi dan analisis melampaui konsep tradisional penelitian. Hal tersebut mencakup penelitian kuantitatif dan kualitatif serta bentuk-bentuk lain dari disiplin metode penelitian lainnya. Tegasnya, kegiatan penelitian memiliki kebiasaan yang baik dalam memunculkan ideide baru dan proses evaluatif untuk membantu meningkatkan kualitas praktik. Kegiatan Penelitian dapat dilakukan berdasarkan berbagai konstruksi metodologis yang sama baiknya dengan konstruksi teoretis. Keberadaan model-model pembelajaran menunjukkan bahwa bidang teknologi pembelajaran telah berkembang dari penelitian yang mencoba untuk "membuktikan" bahwa media dan teknologi adalah alat yang efektif untuk pengajaran, menuju ke formulasi penelitian guna memeriksa dan menguji pendekatan aplikasi proses dan teknologi dalam rangka meningkatkan pembelajaran. Pengembangan suatu model pembelajaran merupakan salah satu contoh terobosan baru dalam menciptakan formulasi penelitian dibidang teknologi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ke arah yang lebih baik. Pengembangan model pembelajaran dalam bidang teknologi pembelajaran telah dipengaruhi oleh perkembangan dan perubahan dalam teori belajar, pengelolaan informasi, komunikasi dan dan bidang lainnya. Perkembangan teori behaviorisme, kognitivisme dan konstruktivisme telah mengubah penekanan dalam bidang belajar mengajar. Perhatian terhadap perspektif peserta didik, karakteristik dan kepemilikan proses pembelajaran telah tumbuh dan berkembang dengan terciptanya model-model pembelajaran yang baru dan inovatif.

Kebijakan pendidikan agama Islam masa orde baru Puncak pertentangan
ideologi dan politik, pada tahun 1965 terjadi ... politik, sehingga setiap kebijakan
bermotif dan bermuara pada pemberdayaan dan pertumbuhan ekonomi yang
tinggi.

CAMI: Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web

Gagasan buku ini di nukil dari judul PDP 2019 yang berjudul “Pengembangan Aplikasi Berbasis Web untuk Menguji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian”. Intisari penelitian kemudian dibumbui dengan berbagai literatur yang berkenaan dengan judul sehingga berkembang menjadi Bab dan Sub Bab dalam buku ini. Buku yang ada ditangan Pembaca yang budiman ini merupakan bagian dari rangkain laporan akhir sekaligus luaran tambahan PDP 2019. Buku ini terdapat tiga Bab Penting, yaitu Bab 1 Pendahuluan yang membahas tentang pengertian instrumen penelitian, validitas, reliabilitas, dan aplikasi CAMI. Bab 2 Pembuatan Aplikasi CAMI yang menjelaskan tentang tahapan pembuatan aplikasi CAMI dan langkah-langkah penggunaannya. Dan Bab 3 Sumber Data dan Pengujian Aplikasi CAMI yang menjelaskan tentang sumber data dan pengujian aplikasi CAMI dengan SPSS.

Gagasan buku ini di nukil dari judul PDP 2019 yang berjudul “Pengembangan Aplikasi Berbasis Web untuk Menguji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian”.

Definisi Theologi Praktis Kristen

Kajian ini merupakan hasil penelitian penulis untuk menyelesaikan studi pada Pasca Sarjana Strata Tiga (S3) konsentrasi Pendidikan Agama Kristen pada Sekolah Tinggi Theologia Paulus (STT Paulus) Medan tahun 2014, pada judul Penelitian: Kerabian Yesus Menurut Kitab Injil salah satu temuan dalam Pendekatam Eksegesis Topikal bagi Guru Keagamaan dan Agama Kristen adalah bertambahnya satu jenis pendidikan pada cabang ilmu theologi, khususnya Theologi Praktis yakni Theologi Praktis Kristen terdiri dari tiga jenis pendidikan yakni Pendidikan Kristen, Pendidikan Keagamaan Kristen dan Pendidikan Agama Kristen (PAK). Selama ini hanya dikenal dua jenis pendidikan, dari antaranya yakni Pendidikan Keagamaan Kristen dan Pendidikan Agama Kristen (PAK). Ketiga jenis pendidikan ini dikaji berlatar belakang Kerabian Yesus memberi Amanat Agung sebelum disalibkan terdapat pada Mat. 28:19–20 sebagai sumber teoretis memberi definisi pada subcabang theologi dengan mempertimbangkan.

... dengan kata atau perintah menggunakan kata kerja operasional ranah kognitif
, afektif dan psikomotorik, materi pembelajaran, model pembelajaran,
langkahlangkah pembelajaran, alat, dan sumber belajar, serta penilaian
pembelajaran.

Analisis Data Statistika Bagi Peneliti Kedokteran Dan Kesehatan

Buku ini sebagai panduan bagi peneliti atau peserta didik untuk (1)pengolahan data dalam rangka pembuatan karya akhir di Program Sarjana (skripsi),Pascasarjana berupa tesis, tesis PPDS, disertasi, atau penelitian lainnya, dan (2) memahami tulisan ilmiah bentuk kuantitatif dalam artikel yang dimuat dalam jurnal ilmiah, tesis, disertasi, dan lain-lain. Oleh sebab itu pada beberapa judul bab lebih disasar pada permasalahan penelitian. Seperti masalah penelitian deskriptif, masalah penelitian perbandingan, dan masalah penelitian korelasional. Dengan demikian analisis data statistika yang ada pada bab-bab tertentu sangat berkaitan dengan bagaimana menganalisis data sesuai dengan permasalahan penelitian dan jenis data penelitian. Juga dalam buku ini disajikan cara melaporkan hasil olahan data, baik yang dikerjakan secara manual maupun yang diolah melalui Program Statistika seperti Program SPSS.

Buku ini sebagai panduan bagi peneliti atau peserta didik untuk (1)pengolahan data dalam rangka pembuatan karya akhir di Program Sarjana (skripsi),Pascasarjana berupa tesis, tesis PPDS, disertasi, atau penelitian lainnya, dan (2) memahami ...

Metode Penelitian Sastra

Buku ini bertujuan untuk memantapkan bidang ilmu sastra secara teoretis dan metodologis.

Buku ini bertujuan untuk memantapkan bidang ilmu sastra secara teoretis dan metodologis.

Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga

Buku ini berisi tentang: (1) Mensintesa Pengertian, Pendekatan dan Paradigma Penelitian Kuantitatif, Landasan Penelitian Kualitatif dan Landasan Guru Melakukan Penelitian Tindakan Kelas; (2) Prosedur Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas; (3) Jenis Data, Variabel Penelitian, Definisi Istilah, Definisi Operasional dan Indikator; (4) Konsep Landasan Teori, Hipotesis, Macam-Macam Hipotesis, Pengujian Hipotesis, Asumsi, dan Macam-Macam Penelitian; (5) Konsep Rancangan Penelitian Eksperimen dan Non Eksperimen, Populasi, Teknik Sampling dan Pembagian Kelompok; (6) Instrumen Tes, Non Tes, Jenis Data, dan Teknik Pengumpulan Data; (7) Ciri-Ciri, Prosedur, Rancangan Penelitian Kualitatif dan Study Kasus; (8) Teknik Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Tindakan Kelas; (9) Karakteristik, Keterbatasan, Manfaat, Persyaratan, dan Langkah-Langkah Tindakan Perbaikan Sebelum dan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas; (10) Rencana Perbaikan, Identifikasi dan Analisis Masalah, Perumusan Masalah dan Hipotesis, Tahap Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran, dan Kancah Penelitian Tindakan Kelas; (11) Model Penelitian Tindakan Kelas; (12) Analisis dan Penafsiran Data Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas; dan (13) Siklus Penelitian Tindakan Kelas. Materi tersebut kami sertai contoh implementasinya dalam penerapan penelitian di bidang pendidikan jasmani dan olahraga. Dengan demikian bagi mahasiswa ataupun peneliti di bidang pendidikan jasmani lebih paham dan mengerti, namun pembaca di bidang lain juga dapat memanfaatkan buku ini sebagai sumber belajar atau referensi dalam belajar dan meneliti.

Buku ini berisi tentang: (1) Mensintesa Pengertian, Pendekatan dan Paradigma Penelitian Kuantitatif, Landasan Penelitian Kualitatif dan Landasan Guru Melakukan Penelitian Tindakan Kelas; (2) Prosedur Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan ...

METODOLOGI PENELITIAN Disertai Dengan Contoh Penerapannya Dalam Penelitian

Buku ini ditulis dengan judul Metodologi Penelitian, Disertai Contoh Penerapannya dalam Penelitian dan berisi mengenai konsep, pendekatan, metode serta teknik penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif, yang dilengkapi dengan contoh-contoh penerapannya dalam penelitian, Buku ini disusun dengan tujuan agar bisa digunakan menjadi salah satu referensi dalam mata kuliah Metodologi Penelitian, baik sebagai referensi utama atau pendukung. Penulis sudah berpengalaman dalam mengajar mata kuliah ini lebih dari 10 tahun untuk jenjang Strata 1 dan telah banyak menghasilkan penelitian . Buku ini cocok digunakan juga bagi mahasiswa yang sedang menulis karya ilmiah, karena ada banyak contoh-contoh yang diberikan. Buku ini berisi 11 bab yang berisi penelitian dan klasifikasinya, proses penelitian untuk penelitian dan kuantitatif dan kualitatif serta contoh artikel hasil penelitian kualitatif. Hampir setiap bab disertai dengan contohcontoh hasil penelitian, terutama yang dilakukan oleh penulis sendiri. Tujuannya adalah agar penulis bisa berbagi pengalaman atas penelitian yang sudah dilakukan kepada mahasiswa dan pembaca buku ini pada umumnya.

Buku ini ditulis dengan judul Metodologi Penelitian, Disertai Contoh Penerapannya dalam Penelitian dan berisi mengenai konsep, pendekatan, metode serta teknik penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif, yang dilengkapi dengan contoh ...