Sebanyak 235 item atau buku ditemukan

Analisis Wacana Bahasa Arab Sebuah Pendekatan Linguistik Dan Penerjemahan

Secara historis, tradisi keilmuan bahasa Arab sebenarnya sudah mulai tumbuh dan berkembang sejak lama. Bisa dibilang, tradisi itu dimulai sejak para ahli bahasa Arab abad ke-7 Hijriah mulai merumuskan kaidah-kaidah bahasa Arab baku seiring upaya mengenalkan bahasa Arab kepada khalayak dunia, pada fase yang bersamaan dengan penyebaran Islam ke luar kawasan Arab. Dinamika perkembangan keilmuan bahasa Arab itu terus terjaga dan lestari berkat sejumlah besar karya penting yang ditulis oleh bahasawan Arab dan terus dipelajari dari generasi ke generasi. Dalam beberapa hal mendasar, kaidah bahasa Arab yang mereka rumuskan sudah baku dan permanen, sehingga bangun penelitian bahasa Arab di atas fondasi logika ilmiah deduktif sudah cukup kuat dan dikembangkan secara berkelanjutan. Namun demikian, di sisi lain, sebagian ilmuwan bahasa Arab tetap merespons perkembangan bahasa Arab melalui fakta-fakta spesifik yang ditemukan pada penggunaan bahasa Arab di kalangan tertentu ataupun periode masyarakat tertentu. Situasi itu melahirkan pula beberapa karya penting dalam kaidah bahasa Arab yang dibangun atas dasar fondasi logika induktif. Memang tidak ada yang tahu persis siapa pencetus atau kapan lahirnya istilah “linguistik Arab”. Namun, yang penting, fakta menunjukkan bahwa perkembangan linguistik Arab terus mengemuka, meski tidak sedahsyat dan secepat perkembangan linguistik bahasa dunia lainnya. Demikian pula tentang perkembangan referensi kunci dalam kajian linguistik Arab, baik dalam hal jumlah maupun variasinya, ketersediaan pustaka yang ada sejauh ini memang tak sebanyak referensi terkait bahasa yang umum. Meski dunia pustaka kini sudah memasuki era digital, vii ketersediaan referensi linguistik Arab pun masih belum memadai dibanding pustaka bahasa yang sudah lebih dulu berkembang berkat linguistik modern. Oleh karena itu, para pengkaji linguistik belum bisa menikmati ketersediaan pustaka linguistik Arab sehingga masih harus merujuk kepada pustaka linguistik bahasa non-Arab untuk mempelajari dan mengadopsi sistematika kajiannya guna diterapkan dalam kajian bahasa Arab yang dilakukannya. Analisis Wacana Bahasa Arab Sebuah Pendekatan Linguistik Dan Penerjemahan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Analisis Wacana Bahasa Arab Sebuah Pendekatan Linguistik Dan Penerjemahan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Makna Hati, Pendekatan Tafsir Sufi

Penafsiran sufi dikenal sebagai bentuk upaya mengungkap temuan-temuan yang bersifat hissi. Yang menjadi fokus pada buku ini untuk mengungkap makna organ-organ immateri yang ada di dalam manusia sebagaimana disebutkan oleh Alquran. Di antaranya adalah aql, lubb, dan nafs yang memiliki peran primer terhadap nilai kehidupan manusia. Oleh karena itu dalam buku ini mengantarkan kepada pemahaman bahwa yang disebut lubb adalah akal besar yang fungsinya untuk menyaring informasi-informasi dengan menggunakan pertimbangan tafakur dan tazakur untuk menemukan arti yang lebih dalam. Intinya, lubb merupakan akal komando yang berfungsi penting dalam menentukan makna dalam sebuah informasi. Dan setiap akal itu masuk pada lubb. Namun dia tidak masuk pada bagian akal. Al-Aql dalam bahasa Arab memiliki arti mengandung seluruh bidang kecerdasan bahkan termasuk nalar, dengan asumsi bahwa nalar ada secara primordial dan sebenarnya tetap ada sampai sekarang, yang cahayanya didistribusikan pada elemen-elemen lain, kemudian merajutnya bersama untuk mencapai keterikatan ilahi.Secara umum fungsi akal lebih pada gambaran dasar. Jika Penulis memberikan simpulan sederhana maka akal berfungsi untuk menyaring informasi sebatas wilayah luarnya saja kemudian masuk pada elemen selanjutnya yang lebih dalam lagi. Ibn Qayyim mengatakan bahwa ruh tak lain adalah bentuk dari jiwa, atau sebaliknya. Dan mayoritas mufasir mengatakan bahwa ruhs sudah pasti menjadi urusan Tuhan. Tetapi hemat Penulis ruh adalah bentuk jiwa manusia yang berfungsi memfilter dari gejala-gejala yang timbul dari luar atau yang dihadapkan kepada manusia. Sedangkan nafs atau jiwa merupakan intuisi manusia yang memiliki dua kecenderungan antara positif dan negatif. Dan sebenarnya nafs memiliki potensi baik. Artinya nafsini bertugas menggerakkan kehendak yang cenderung mengekspresikan tingkah laku yang diawali dengan kehendak batin. Fitrah manusia berarti bekal awal yang diberikan Allah saat penciptaannya. Maka dalam berhubungan dengan agama, Allah menanamkan fitrah kepada manusia sejak lahir sudah memiliki potensi beragama dan menentukan jalan kebenaran. Maka fithrah berfungsi sebagai intuisi untuk menentukan jalan yang sesuai dengan kefitrahannya. Atau sesuali dengan naluri kemanusiaannya. Qalbartinya adalah hati, dalam ilmu kedokteran lebih dikenal sebagai istilah jantung. Dan tugas Qalb dalam diri manusia untuk menentukan fungsi akhir atas informasi-informasi yang telah disaring melalui beberapa elemen lain sebagaimana yang disebutkan di atas, serta untuk menentukan nilai baik dan buruk. Maka ketika manusia menemukan kebingungan dalam memutuskan masalah Nabi Muhammad menghimbau agar meminta pendapat pada hati, “Istafti Qalbak”. Berdasarkan literatur sufistik mengatakan bahwa Qalb merupakan prioritas manusia ketika diadili di akhirat. Dari Qalb lah manusia dimintai pertanggungjawaban. (*) Judul: Makna Hati Pendekatan Tafsir Sufi Penulis: Khoirul Anwar Afa Penerbit: Formaci ISBN: 978-602-61554-3-6 Cetakan, Kedua, Mei 2017 (Edisi Revisi) Tebal: xi + 104 Halaman Harga: Rp 50.000 (belum termasuk ongkir)

Dari Qalb lah manusia dimintai pertanggungjawaban. (*) Judul: Makna Hati Pendekatan Tafsir Sufi Penulis: Khoirul Anwar Afa Penerbit: Formaci ISBN: 978-602-61554-3-6 Cetakan, Kedua, Mei 2017 (Edisi Revisi) Tebal: xi + 104 Halaman Harga: Rp ...

Filsafat dan teori hukum

Filsafat dan sifat bahasa

  • ISBN 13 : 9786022296270
  • Judul : Filsafat dan sifat bahasa
  • Pengarang : David E. Cooper,  
  • Kategori : Philosophy
  • Penerbit : Pustaka Pelajar
  • Klasifikasi : 401
  • Call Number : 401 DAV f
  • Bahasa : Indonesia
  • Penaklikan : viii + 378 hlm ,; 23 cm
  • Tahun : 2018
  • Halaman : 378
  • Ketersediaan :
    2020-38547-0005
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - IAIN Bukittinggi
    2020-38547-0004
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - IAIN Bukittinggi
    2020-38547-0003
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - IAIN Bukittinggi
    2020-38547-0002
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - IAIN Bukittinggi
    2020-38547-0001
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - IAIN Bukittinggi

Islam Transitif Filsafat Milenial

Filsafat Hukum

Rasionalisme dan Spiritualisme

Filsafat Sosial Budaya di Dunia Islam