Sebanyak 70955 item atau buku ditemukan

TTS BIMBINGAN KONSELING KELAS IX

Buku Teka-Teki Silang (TTS) pembelajaran ini berisi materi Bimbingan Konseling kelas IX tingkat SMP/MTs selama satu tahun atau 2 semester, bertujuan untuk mengasah kompetensi pengetahuan dan keterampilan dalam kedisiplinan, mematuhi tata tertib, pergaulan sehat, sopan santun, norma, mematuhi tata tertib berlalu lintas, dan membuka wawasan kemana setelah SMP. Buku ini berisi latihan soal-soal yang disajikan dalam bentuk Teka Teki Silang yang berbeda dengan buku latihan soal-soal biasanya. Buku TTS pembelajaran ini sangat menarik, sehingga akan memotivasi siswa untuk belajar lebih semangat, lebih giat, lebih menyenangkan dan lebih menantang, sebab soal-soal disajikan dalam bentuk teka-teki yang jawabannya harus diisikan sesuai dengan jumlah kotak-kotak yang tersedia.

Buku Teka-Teki Silang (TTS) pembelajaran ini berisi materi Bimbingan Konseling kelas IX tingkat SMP/MTs selama satu tahun atau 2 semester, bertujuan untuk mengasah kompetensi pengetahuan dan keterampilan dalam kedisiplinan, mematuhi tata ...

BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH

Buku ini diawali dengan pemahaman mengenai kompetensi guru, jenis guru, dan tugas pokok guru yang berguna untuk memperluas wawasan dan pemahaman pembaca tentang tugas-tugas dalam bidang kependidikan. Pada bagian berikutnya dikemukakan tentang bimbingan dan konseling dari aspek pengertian, tujuan, arah pelayanan, fungsi, prinsip, azas, kode etik, bidang pelayanan, jenis-jenis layanan, kegiatan pendukung bimbingan dan konseling, dan format kegiatan bimbingan dan konseling. Selanjutnya dijelaskan implementasi pelayanan bimbingan dan konseling dalam kurikulum 2013, peran dan tanggung jawab personil sekolah serta peran pengawas bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah.

Selanjutnya dijelaskan implementasi pelayanan bimbingan dan konseling dalam kurikulum 2013, peran dan tanggung jawab personil sekolah serta peran pengawas bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah.

A to Z Bimbingan dan Konseling Karier Konsep, Teori, dan Aplikasinya

Karier bukan sekedar pekerjaan atau jabatan seseorang, melainkan suatu pekerjaan atau jabatan yang benar-benar sesuai dengan potensi diri sehingga membuat seseorang senang melakukannya, kemudian mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan prestasinya, mengembangkan potensi dirinya, lingkungannya, serta sarana dan prasarana yang diperlukan. Untuk itu, bimbingan karier perlu diberikan kepada siswa untuk mengetahui potensi-potensi yang dimilikinya sehingga siswa terarah dalam menentukan pekerjaan, jabatan, atau kariernya di masa depan. Buku ini menjelaskan secara rinci landasan teori dalam bimbingan karier, model-model pendidikan karier, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap karier, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, buku ini juga mempermudah pembaca karena dilengkapi dengan contoh program bimbingan karier; tujuan program bimbingan karier; pelaksanaan bimbingan karier di sekolah; dan sarana pelaksanaan bimbingan karier. Dengan demikian, buku ini berguna dan sangat diperlukan bagi guru (konselor), kepala sekolah, pengawas sekolah, mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan lainnya untuk mengarahkan siswa.

Karier bukan sekedar pekerjaan atau jabatan seseorang, melainkan suatu pekerjaan atau jabatan yang benar-benar sesuai dengan potensi diri sehingga membuat seseorang senang melakukannya, kemudian mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk ...

Panduan Pelayanan Bimbingan Karir

bagi Guru Bimbingan Konseling/Konselor pada satuan Pendidikan Dasar dan Menengah mendukung Peningkatan Ketersediaan antara Pilihan Pendidikan Pemuda Indonesia dan Pekerjaan yang tersedia di Pasar

Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling

Buku ini diberi judul “Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling” yang merupakan rangkuman dari berbagai referensi dan sumber bacaan. Dengan adanya buku ini, diharapkan bisa menjadi bahan acuan dan dapat memberikan gambaran terkait tentang bagaimana hakikat, konsep sampai dengan perkembangan bimbingan dan konseling saat ini serta penerapannya dalam dunia Pendidikan. Buku ini akan membahas lebih detail tentang: Bab 1 Hakikat Bimbingan Konseling Bab 2 Landasan Layanan Bimbingan dan Konseling Bab 3 Ruang Lingkup Bimbingan Konseling Bab 4 Perkembangan Bimbingan Konseling Bab 5 Persoalan-Persoalan BK di Sekolah Bab 6 Bimbingan dan Konseling Lintas Budaya Bab 7 Sasaran Bimbingan dan Konseling

Buku ini diberi judul “Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling” yang merupakan rangkuman dari berbagai referensi dan sumber bacaan.

Landasan Bimbingan Dan Konseling Islam

Buku ini ditulis bermaksud ingin mengungkapkan secara teoritis landasan bimbingan dan Konseling Islam. Yang meliputi Pengertian Bimbingan dan Konseling, Tujuan dan Bimbingan Konseling, fungsi bimbingan dan Konseling, pendekatan dalam Bimbingan dan Konseling. Rumusan konseling berkarakteristik Islam, yang meliputi Pengertian Konseling Islam, Pemikiran Bimbingan dan Konseling Islam ruang lingkup Bimbingan dan Konseling islam, integrasi Bimbingan Konseling Islam dengan Ilmu Dakwah, hal ini untuk memperjelas pohon ke ilmuan baik ontology, efistemologi dan axiologi kedudukan Bimbingan dan Konseling Islam berada pada Fakultas Dakwah, bukan pada fakultas Tarbiyah dan Pendidikan. Dalam bagian ini dibahs tentang integrasi ilmu dakwah ke bimbingan konseling Islam, hakikat ke ilmuan bimbingan dan konseling islam, dan prospek Bimbinganm dan Konseling imbingan dan konseling islam, prinsip dasar konseling dan konseling islam, tujuan konseling islam. Bagian enam membahas Metode dan Proses Bimbingan Konseling Islam, model-model konseling islam, metode konseling dalam islam, proses konseling Islam

Buku ini ditulis bermaksud ingin mengungkapkan secara teoritis landasan bimbingan dan Konseling Islam.

Layanan Bimbingan dan Konseling Karier di Sekolah Menengah Pertama

Karier adalah salah satu bidang layanan BK, selayaknya layanan ini diberikan sedini mungkin agar para peserta didik tidak memiliki kebingungan dalam membuat serta memilih keputusan karier sehingga setelah menyelesaikan pendidikan di bangku SMP dapat dengan mudah memilih jenis sekolah dan jurusan sesuai dengan bakat dan minat mereka. Buku ini hanyalah salah satu tulisan yang dapat menjadi panduan bagi para konselor atau Guru BK dalam memberikan layanan karier di bangku SMP. Kemudian, sejatinya tulisan-tulisan pada buku ini bersifat menambahkan beberapa pertimbangan, saran, dan contoh layanan untuk memberikan layanan BK Karier kepada para peserta didik yang masih berstatus pelajar SMP untuk bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik lagi.

Karier adalah salah satu bidang layanan BK, selayaknya layanan ini diberikan sedini mungkin agar para peserta didik tidak memiliki kebingungan dalam membuat serta memilih keputusan karier sehingga setelah menyelesaikan pendidikan di bangku ...

Model Konseling Kontemporer, Modern, dan Postmodern

Buku Model Konseling Kontemprorer, modern, dan Post Modern ini secara khusus ditujukan kepada mahasiswa atau praktisi yang menggeluti pekerjaan bidang bimbingan dan konseling, atau pekerja sosial lainnya yang ingin memahami secara konfrehensif tentang model-model, prosedur serta tehnik yang digunakan dalam proses konseling. Buku ini menyajikan ragam model-model konseling berdasarkan historis, teoretis, dan praktis serta ditunjang dengan hasil-hasil penelitian terkini. Diawali dengan penyajian konsep dan perkembangan profesi Bimbingan dan Konseling di nusantara, selanjutnya membahas tentang model konseling Psikodinamik, Konseling behavioral, konseling kognitif behavioral, konseling Gestalt, Rasional emotif behavioral, serta diakhiri dengan bagian konseling dalam pandangan postmodern.

Buku Model Konseling Kontemprorer, modern, dan Post Modern ini secara khusus ditujukan kepada mahasiswa atau praktisi yang menggeluti pekerjaan bidang bimbingan dan konseling, atau pekerja sosial lainnya yang ingin memahami secara ...

Usaha Pemberian Layanan yang Optimal Guru BK pada Masa Pandemi Covid-19 (Antologi Esai Mahasiswa Bimbingan dan Konseling)

Antologi Esai ini disusun oleh mahasiswa praktikan berdasarkan hasil kegiatan PLP I atas bimbingan dosen pembimbing lapangan. Kegiatan PLP I ini dirancang dalam dua capaian, yaitu (1) membangun Jati diri pendidik dengan mengenal kultur sekolah, struktur organisasi sekolah dan tata kelola sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, dan kegiatan-kegiatan di sekolah. (2) Membangun jati diri pendidik dengan mengetahui praktik proses pembelajaran dan karakteristik siswa. Berdasarkan kegiatan tersebutlah mahasiswa praktikan menyusun esai sebagai respon dan kemampuan memberikan pendapat terhadap dunia pendidikan. Antologi ini diharapkan dapat menjadi motivasi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi diri dalam berlatih melatih menulis karya tulis ilmiah sebagai calon seorang pendidik.

layanan yang diberikan dari pihak sekolah, diharapkan dapat membuat siswa lebih mantap dalam menentukan pilihan karir. Dalam melakukan pemberian bimbingan karir kepada siswa kelas 12, seseorang guru tentunya menempuh berbagai macam cara ...

Program Inovatif dan Kerjasama Melalui Konseling Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan SMA Negeri 8 Surabaya

Buku ini ditulis dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan di SMAN 8 secara Inovatif, juga diharapkan ada kerjasama antara orang tua murid dan guru, untuk mencapai Inovatif ini, walaupun berbeda suku, yaitu suku Jawa, Madura dan Suku ARAB, namun dalam upaya Peningkatan Mutu Pendidikan, dimana Guru merupakan Pendidik, juga sebagai Media penghubung melalui ajaran dan pendidikan agama (Religi) yang tinggi, dan kerjasama di semua pihak yang berada di Wilayah tersebut.

Sedangkan menurut Stebbins (dalam Arthur 2005 : 179) kesuksesan karir bisa dibagi menjadi dua dimensi. Di sisi kesuksesan karir objektif menunjukkan kurang lebih indikator yang dapat diukur. Sedangkan di sisi kesuksesan karir subjektif, ...