Sebanyak 5 item atau buku ditemukan

Evaluasi Pembelajaran SD Berdasarkan Kurikulum 2013 Suatu Pengantar

Evaluasi adalah bagian penting dari suatu rangkaian pembelajaran. Hadirnya Kurikulum 2013 di Indonesia membawa perubahan yang cukup siginifikan dalam pembelajaran di setiap tingkat pendidikan, termasuk di tingkat sekolah dasar. Pembelajaran tematik yang dilaksanakan dalam kurikulum 2013 di sekolah dasar juga membawa implikasi perubahan dalam evaluasi pembelajarannya. Buku ini mencoba mengantarkan pembaca kepada hakikat evaluasi pembelajaran secara umum, mengenalkan pembaca kepada Kurikulum 2013 di sekolah dasar, dan memberikan gambaran tentang teknik-teknik evaluasi berdasarkan Kurikulum 2013 di sekolah dasar.

3. melakukan evaluasi, meliputi: mengumpulkan data/informasi proses maupun
hasil belajar menggunakan teknik/instrument evaluasi mengolah, menafsirkan,
mempertimbangkan a. b. c. d. mengambil keputusan 4. memberi bimbingan, ...

Statistika dalam Penelitian Pendidikan: Konsep Dasar dan Kajian Praktis

Buku ini mengkaji konsep dasar statistika disertai beberapa aplikasinya, ditambah pula kajian mengenai praktik pengolahan data kuantitatif yang berhasil dijaring melalui penelitian. Dalam buku ini, metode penyajiannya dibuat sedemikian rupa sehingga para pembaca dapat menggunakannya dengan cukup mudah. Sesuai dengan nama dan isi kajiannya yang bersifat dasar, buku ini tidak membeberkan penurunan sifat-sifat, rumusrumus, dan aturan-aturan yang memerlukan matematika lanjut. Hal ini dengan maksud agar isi buku ini dapat diikuti oleh setiap pembaca dengan berbagai latar belakang.

Di samping keikutsertaan dalam diseminasi hasil pemikiran dan penelitian
melalui seminar dan konferensi, penulis juga pernah menghasilkan artikel yang
dipublikasikan dalam jurnal, antara lain: (1) Alternatif Perkuliahan Matematika
dengan ...

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani 2017 Implementasi Model Pembelajaran Penjas dan Modifikasi Alat Belajar

Pemilihan tema seminar tersebut dilandasi oleh ketidak sesuaian pemilihan dan penggunaan model pembelajaran dengan ketersediaan sarana dan prasarana belajar. Sebab tidak bisa dipungkiri, sarana dan prasarana yang ada dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif seringkali kurang mendukung, khususnya alat-alat olahraga. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya pendanaan dari pihak sekolah, dan guru olahraga yang kesulitan mengembangkan alat pembelajaran olahraga. Melalui pengembangan alat olahraga maka peserta didik akan merasa tertarik terhadap proses belajar mengajar dengan berbagai macam alat pembelajaran yang telah dimodifikasi. Maka dari itu untuk memaksimalkan keterbatasan alat pembelajaran, perlu adanya peningkatan wawasan guru olahraga sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. Harapannya proses pembelajaran lebih efektif, kreatif, dan inovatif, tanpa harus memikirkan sarana dan prasarana yang kurang tersebut.

Oleh karena proses pembelajaran merupakan proses komunikasi dan
berlangsung dalam suatu sistem, maka media pembelajaran menempati posisi
yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Tanpa
media ...

Teknik Membaca Buku Membuka-buka Buku

Buku teks membaca lanjut ini diharapkan dapat memperkaya khazanah buku teks membaca lanjut yang relatif masih minim, dan mesti selalu diperbaharui. Pada saat ini arus ilmu pengetahuan begitu deras mengalir dari banyak arah. Para pencari ilmu hanya tinggal memilih dan memilah ilmu itu. Diharapkan buku teks ini pun dapat menjadi salah satu pembimbing dalam memilih teori membaca yang relevan dan bermanfaat.

Bila seseorang tertarik pada ilmu bahasa, mungkin ia tertarik pada pelajaran
bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Arab, imbuhan, kalimat, peribahasa,
majas atau membaca puisi. Pembaca akan tertarik pada buku yang ia temukan.
Buku yang Cukup Sulit untuk Dipahami Begitu banyak buku yang menarik di
sekitar kita. Ada kalanya buku itu merupakan buku yang cukup sulit untuk
dipahami sekalipun menarik perhatian kita. Mungkin saja ada buku tentang 9
Teknik Membaca ...

Kapita Selekta Seni, Budaya, dan Pendidikan

Tidak pernah ada satu hari pun dalam kehidupan di sekeliling kita tanpa masalah, maka sesungguhnya tidak ada alasan bagi orang yang peduli untuk tidak berbicara. Itulah kiranya pemikiran mendasar dari buku yang hadir ke hadapan para pembaca yang budiman. Buku ini, adalah buah pemikiran yang pada awalnya hadir sebagai respon penulis terhadap permasalahan yang aktual pada saat setiap judul tulisan dibuat. Semua tulisan pernah terbit pada media massa, khususnya koran lokal. Oleh sebab itu, apabila dalam tulisan ini ditemukan banyak kejadian-kejadian yang telah lampau, hal itu adalah kesengajaan untuk tidak dilakukan perubahan waktu dan tempat, karena setiap kejadian memiliki tautan terhadap pemikiran yang juga dipikirkan saat kejadian itu mengemuka. Namun demikian, sesuatu yang telah lampau tidak berarti tidak memiliki arti di masa kini, karena makna dan nilai dari sesuatu tidak akan terhalang oleh waktu, bahkan adakalanya kejadian yang telah lalu terulang di masa sekarang.

Tidak pernah ada satu hari pun dalam kehidupan di sekeliling kita tanpa masalah, maka sesungguhnya tidak ada alasan bagi orang yang peduli untuk tidak berbicara.