Sebanyak 37 item atau buku ditemukan

Analisis Wacana

Konsep, Teori, dan Aplikasi

Wacana merupakan salah satu kajian dalam ilmu linguistik yang ditetapkan dalam satu kajian tersendiri, yakni analisis wacana. Kajian analisis wacana dapat dilihat dari paradigma struktural dan paradigma fungsional, serta struktural fungsional. Dalam paradigma struktural, wacana dipandang sebagai satuan bahasa terlengkap dalam hierarki gramatikal tertinggi atau terbesar. Sementara dalam paradigma fungsional wacana dimaknai sebagai bentuk interaksi. Dalam interaksi tersebut tentu ada pesan yang harus dimaknai. Dalam memaknai pesan tersebut, paradigma fungsional melibatkan berbagai aspek dalam kajiannya, seperti sosial, politik, hukum, budaya, dan sebagainya. Buku ini memaparkan wacana dari sisi konsep, teori, dan aplikasinya. Konsep-konsep terpapar pada subbab-subbab yang menjelaskan tentang hakikat, tujuan, fungsi, struktur, unsur-unsur, kohesi dan koherensi, serta jenis-jenis wacana. Teori dan aplikasi terepresentasikan pada sub-sub bab yang menguraikan berbagai jenis wacana, seperti wacana iklan, wacana berita, wacana lisan, wacana sastra (syair lagu), dan wacana budaya.

Kajian analisis wacana dapat dilihat dari paradigma struktural dan paradigma fungsional, serta struktural fungsional.

Aplikasi Metode Analisis Resepsi untuk Penelitian Gender dan Media

untuk Peneliti Pemula dan Mahasiswa S-1

Analisis resepsi adalah salah satu metode penelitian di media studies yang memperlihatkan keunikan relasi antara pesan media dan audiencenya. Media studies sendiri, dengan berbagai ragamnya, berupaya untuk memperlihatkan bagaimana media menjadi salah satu aspek yang membentuk perilaku manusia, dalam buku ini, terutama untuk pembagian peran gender. Selain landasan teoretis dan aspek metodologis, buku ini mengulas kekurangan dan kelebihan, serta kesalahan-kesalahan umum peneliti pemula saat melakukan analisis resepsi. Contoh-contoh diambil dari penelitian penulis maupun dari mahasiswa yang dibimbing. Buku ini ditujukan pada mahasiswa, peneliti pemula, aktivis kemasyarakatan, wartawan, dan individu yang kajiannya bersentuhan dengan gender sebagai fenomena sosial budaya.

Analisis resepsi adalah salah satu metode penelitian di media studies yang memperlihatkan keunikan relasi antara pesan media dan audiencenya.

Analisis Sentimen

Metode Alternatif Penelitian Big Data

“Big data” menjadi salah satu terminologi yang sering kita dengar atau baca dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian dengan memanfaatkan big social data mendapat pengaruh dari era komputasi (computational turn), yang mana dimensi politis dan pragmatis dari era komputasi ini tidak bisa dengan mudah dipisahkan. Era komputasi juga mengaburkan batas-batas disiplin ilmu pengetahuan, misalnya mengaburkan batas antara ilmu komputer, humaniora, dan ilmu sosial. Pada kajian studi media dan ilmu komunikasi, era komputasi melakukan rekonfigurasi pada keduanya dengan memperluas ruang lingkup objek-objek yang potensial untuk dikaji seperti pada kajian bisnis, perusahaan, dan organisasi. Big data memberi tantangan sekaligus peluang bagi pengembangan konsep teori ilmu komunikasi. Salah satu teori tersebut adalah Teori Agenda-Setting yang menyebutkan bahwa agenda publik dan kebijakan dapat memengaruhi media dengan penggunaan teknologi komunikasi baru, seperti munculnya trending topic di media sosial melalui mekanisme tagar (hashtag). Kebutuhan dan keinginan publik terhadap informasi semakin bertambah serta bervariasi karena publik merupakan seorang yang aktif dalam menerima dan merespons suatu informasi atau berita. Maka penelitian dengan memanfaatkan big data melalui analisis sentimen dapat menjadi alternatif untuk melihat “gambar di kepala kita”.

Maka penelitian dengan memanfaatkan big data melalui analisis sentimen dapat menjadi alternatif untuk melihat “gambar di kepala kita”.

Arsitektur Masyarakat Agraris dan Perkembangannya

Arsitektur hadir dalam kehidupan manusia sebagai kebutuhan dasar akan hunian. Perkembangan kebudayaan dalam masyarakat biasanya diikuti pula perkembangan ciri arsitekturnya. Hal tersebut merupakan bukti bahwa arsitektur tidak bisa dilepaskan dari kebudayaan masyarakatnya. Melihat kebudayaan bukan hanya terpatri pada kebiasaan masa lalu, akan tetapi lebih pada karakter dasar yang membentuk masyarakat tersebut, salah satunya adalah masyarakat agraris. Kebiasaan yang terbentuk melalui pengelolaan dan penyesuaian terhadap potensi alam melahirkan budaya yang arif dalam berkehidupan. Berbagai bentuk penghargaan sebagai wujud rasa syukur diwujudkan melalui beragam tradisi yang berkembang di masyarakat agraris. Arsitektur sebagai bagian dari budaya tersebut tidak luput dari sentuhan tangan arif sehingga melahirkan hunian yang berkarakter. Beragam variasi hunian juga dimenggambarkan semakin berkembangnya kebudayaan dalam masyarakat agraris tersebut. Melalui tradisi tutur, hunian bahkan juga turut memperkaya khasanah budaya kita, terlihat dari bagaimana transfer knowledge yang dilakukan masyarakat agraris meskipun tanpa tradisi tulisan, namun dapat tersampaikan antargenerasi. Dalam buku ini dijelaskan bagaimana budaya masyarakat agraris terbentuk, kemudian melahirkan ruang-ruang huniannya hingga perkembangannya kini terutama setelah lahirnya industri menyentuh kebudayaan mereka.

Madura Dalam Empat Zaman: Pedagang, Perkembangan Ekonomi dan Islam. Suatu Studi Antropologi Ekonomi. Jakarta: PT. Gramedia.

Ekonomi Mikro Islam

Pendekatan Integratif

Ekonomi Mikro Islam: Pendekatan Integratif ini adalah buku yang unik. Dengan menggunakan pendekatan integratif buku ini menelusuri visi semesta dan nalar ekonomi mikro modern untuk diintegrasikan dalam visi semesta, nalar, dan metodologi ilmiah Islam. Pembahasan dalam buku ini, dengan demikian, dijuruskan untuk memenuhi penyediaan literatur ilmu ekonomi Islam yang dikemas dalam metodologi integratif. Berbeda dengan buku-buku ekonomi mikro Islam yang sudah ada, buku ini menyajikan analisis ekonomi mikro Islam dengan cara mengikuti struktur keilmuan ekonomi mikro modern. Tapi perlu dicatat bahwa ini tidak berarti sekedar mengimitasi tradisi ilmiah modern. Sedapat mungkin buku ini menghindari penyajian informasi ilmiah yang bersifat doktrinal. Berbasiskan pada spirit dan metodologi iqra yaitu “mengambil yang baik dan melengkapi yang kurang” buku ini menghadirkan ilmu ekonomi mikro Islam dalam cita rasa ilmiah modern. Selamat membaca.

Ekonomi Mikro Islam: Pendekatan Integratif ini adalah buku yang unik.

Kaidah-Kaidah Fikih untuk Ekonomi Islam Edisi Revisi

Buku ini ditulis secara khusus agar praktek-praktek ekonomi dalam level mikro dapat ditemukan legalitasnya sesuai dengan pandangan para ahli Fikih. Selain sebagai pengantar dalam bidang Kaidah Fikih, para pembaca buku ini juga diharapkan dapat mengidentifikasi transaksi-transaki dalam praktik ekonomi Islam dengan perspektif Kaidah Fikih, baik kaidah yang pokok maupun kaidah cabang. Buku ini hadir dari kegelisahan yang muncul karena tidak ditemukannya buku Kaidah-Kaidah Fikih yang secara spesifik menjelaskan praktik-praktik atau transaksi dalam ekonomi Islam. Umumnya, buku-buku Kaidah Fikih ditulis secara umum, bahkan lebih fokus dengan permasalahan-permasalahan Fikih Ibadah, seperti Shalat, Puasa, dan lain sebagainya. Buku yang spesifik seperti itu hanya dapat dihitung dengan jari, itupun ditulis menggunakan bahasa Arab yang tidak mudah dipahami oleh kebanyakan pembaca di Indonesia. Melalui contoh-contoh permasalahan dari praktik-praktik transaksi yang disusun dalam buku ini, pembaca menjadi terbiasa dalam menerapkan Kaidah-Kaidah Fikih, baik dalam permasalahan yang sudah muncul maupun permasalahan kontemporer yang baru muncul. Dengan demikian, selain memahami yang telah dijelaskan dalam buku, pembaca juga diharapkan mampu menciptakan produk-produk baru dalam ekonomi Islam dalam wujud produk-produk perbankan atau yang lain. – Penulis

Buku ini ditulis secara khusus agar praktek-praktek ekonomi dalam level mikro dapat ditemukan legalitasnya sesuai dengan pandangan para ahli Fikih.

Wakaf Perusahaan

Model CSR Islam untuk Pembangunan Berkelanjutan

Buku ini menawarkan suatu pemahaman aspek tanggung jawab sosial perusahaan perspektif islam dalam konteks pembangunan internasional, dengan fokus utamanya adalah wakaf perusahaan sebagai suatu model tanggung jawab sosial perusahaan perspektif islam yang telah dipraktekkan oleh sebuah perusahaan multinasional di Malaysia. Sebagian besar isi buku ini merupakan hasil penelitian yang telah penulis lakukan di Malaysia. Pandangan dan kebutuhan akan pentingnya konsep tanggung jawab sosial perusahaan untuk dijalankan oleh perusahaan-perusahaan, khususnya perusahaan multinasional, dari waktu ke waktu semakin kuat seiring dengan telah terjadinya berbagai masalah pembangunan di tataran Internasional, antara lain tingkat kemisikinan, kesehatan, dan pendidikan yang rendah; kerusakan lingkungan; alih teknologi; dan sebagainya. Dengan tujuan masing-masing, kini telah banyak perusahaan multinasional yang telah melakukan tanggung jawab sosialnya. Namun, diantara mereka tidak sedikit yang menjalankan konsep tersebut atas dasar tujuan untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan keuntungannya. Keberlanjutan dan keadilan pembangunan cenderung terabaikan. Sebuah perusahaan multinasional asal Malaysia, yaitu Johor Corporation (JCorp), mencoba menawarkan model baru dalam pengelolaan tanggung jawab sosial perusahaan. Model tersebut dijalankan berdasarkan konsep wakaf perusahaan. Melalui model wakaf perusahaan yang berlandaskan kaidah dan moral Islam, Jcorp berusaha untuk mampu menjadi agen pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan. Praktik tanggung jawab sosial perusahaan yang dijalankan oleh Jcorp dengan model wakaf perusahaan merupakan sesuatu yagn baru dan unik. Hal inilah yang telah mendorong penulis untuk mencoba menyajikannya dalam sebuah buku yang sederhana dan diharapkan dapat menjadi tambahan referensi dalam pemahaman tanggung jawab sosial perusahaan yagn dilakukan oleh pelaku bisnis. Buku ini diperuntukkan khususnya bagi para mahasiswa fakultas hukum konsentrasi hukum bisnis, ekonomi, dan syariah, serta para pengamat dan pelaku tanggung jawab sosial perusahaan, khususnya pelaku bisnis yang berbasis syariah.

Model tersebut dijalankan berdasarkan konsep wakaf perusahaan. Melalui model wakaf perusahaan yang berlandaskan kaidah dan moral Islam, Jcorp berusaha untuk mampu menjadi agen pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan.

Menanggulangi Kemiskinan dan Kebijakan Pertumbuhan Ekonomi Paradigma Zakat

Penulis berharap semoga buku yang sedang Anda baca dengan judul ”Menanggulangi Kemiskinan dan Kebijakan Pertumbuhan Ekonomi: Paradigma Zakat“, selanjutnya dapat menambah pemahaman kita tentang salah satu Rukun Islam, yaitu Zakat dalam “bahasa” Ilmu Pengetahuan, semoga menjadi tambahan ilmu agama dan ilmu ekonomi “Paradigma Baru” dalam menanggulangi kemiskinan.

Peubah ekonomi makro yang telah dijelaskan dalam sebelumnya
memungkinkan para ahli ekonomi dan pembuat kebijakan untuk mengukur dan
membandingkan keragaan ekonomi dari tahun ke tahun dan atau antara negara
yang satu ...

Metodologi Penelitian Kualitatif

Paradigma, Metode, dan Aplikasi

Secara filosofis, metodologi penelitian merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana prosedur kerja mencari kebenaran.Prosedur kerja mencari kebenaran sebagai filsafat dikenal dengan sebutan epistimologi. Kualitas kebenaran yang diperoleh dalam berilmu pengetahuan terkait langsung dengan kualitas prosedur kerjanya. Berdasar uraian inilah sebelum mengulas lebih lanjut mengenai metodologi penelitian kualitatif, akan diuraikan terlebih dahulu dasar memahami paradigma penelitian yang beragam. Hal ini dimaksudkan agar peneliti lebih mudah memahami bahwa metodologi penelitian yang berbeda itu mendasarkan kepada filsafat ilmu yang berbeda, sehingga menuntut langkah kerja yang berbeda.

Berdasar uraian inilah sebelum mengulas lebih lanjut mengenai metodologi penelitian kualitatif, akan diuraikan terlebih dahulu dasar memahami paradigma penelitian yang beragam.

Metodologi Penelitian Kuantitatif Perspektif Sistem

Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian

Anak judul buku ini adalah “Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian”, sengaja dipilih mengingat begitu sangat pentingnya kedua hal tersebut. Perancangan proposal penelitian untuk hibah kompetisi menyaratkan hal tersebut jika ingin mendapat pendanaan, baik yang berskala nasional dan lebih-lebih yang berskala internasional. Demikian halnya dengan proposal untuk disertasi, sedangkan untuk proposal tesis dan skripsi diharapkan mahasiswa mampu untuk mencapai hal tersebut. Di sisi lain, luaran hasil penelitian berupa manuskrip atau naskah yang akan diterbitkan pada jurnal internasional bereputasi atau jurnal nasional terakreditasi. Manuskrip yang berpeluang besar bisa terbit menjadi artikel di jurnal internasional bereputasi atau jurnal nasional terakreditasi sangat dituntut memiliki novelty yang tinggi dan ditulis dari hasil penelitian yang valid. Buku ini mengulas secara sederhana dan mudah dipahami tentang “Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian”. Sehingga dapat digunakan sebagai rujukan untuk kegiatan penelitian dan dapat digunakan sebagai pegangan untuk perkuliahan metodologi penelitian, pada jenjang program S1 dan lebih-lebih pada program S2 dan S3 di berbagai bidang keilmuan.

Anak judul buku ini adalah “Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian”, sengaja dipilih mengingat begitu sangat pentingnya kedua hal tersebut.