Sebanyak 17 item atau buku ditemukan

BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH

Menurut Horisin (2007) bimbingan dan konseling sering dimaknai secara tidak tepat oleh sebagian orang bahkan oleh praktisi bimbingan konseling sendiri. Dengan kata lain sering muncul persepsi negatif tentang bimbingan konseling dari sebagian kepala sekolah, pengawas, pegawai, guru-guru, siswa bahkan guru pembimbing sendiri. Beberapa kesalahan itu menurut Prayitno (Tohirin 2007) yaitu : 1. Bimbingan dan koseling disamakan saja dengan pendidikan, sehingga bimbingan konseling tidak diperlukan kerena di sekolah telah tempat diselenggaralannya pendidikan, sehingga dengan sendirinya bimbingan konseling telah masuk kedalam proses pendidikan tersebut. Sekolah tidak perlu melaksanakan pelayanan bimbingan konseling secara mandiri, tetapi mantapkan saja pengajaran sebagai pelaksanaan nyata dari usaha pendidikan. 2. Bimbingan konseling dipisahkan dari pendidikan. Pelayanan bimbingan konseling dianggap harus benar-benar dilaksanakan secara khusus oleh tenaga-tenaga yang ahli dalam bidangnya dan secara nyata harus dibedakan dari praktik pengajaran dan pendidikan. 3. Guru pembimbing atau konselor di sekolah dianggap sebagai polisi sekolah yang tugasnya menjaga dan mempertahankan tata tertib, disiplin dan keamanan sekolah. Anggapan tersebut muncul karena sering muncul fakta-fakta di mana guru pembimbing diberikan tugas mengusut perkelahian antar siswa, pencurian di kelas, mengintrogasi siswa yang bersalah dan menghukum siswa yang melakukan kesalahan. 4. Bimbingan konseling dianggap semata-mata proses pemberian nasihat. Selain pemberian nasihat, umumnya siswa membutuhakan hal lain sesuai dengan masalah yang dihadapinya, yang memerlukan pelayanan lain seperti pemberian informasi, penempatan, penyaluran, bimbingan belajar dan pelayanan khusus. 5. Bimbingan konseling dibatasi hanya menangani masalah yang bersifat insidental (waktu tertentu saja) yaitu pada saat siswa mendapatkan masalah. Padahal bimbingan konseling menjangkau dimensi waktu yang bukan hanya waktu sekarang, namun juga masa lalu dan masa yang akan datang, karena biasanya masalah yang dihadapi siswa sekarang ini berkaitan dengan masa lalu dan akan berdampak pada masa yang akan datang. 6. Bimbingan konseling hanya untuk siswa tertentu saja. Khusus pada anak-anak yang memiliki keistimewaan seperti karena warna kulit, status atau kekayaan. Hakikatnya bimbingan konseling diberikan kepada individu atau kelompok yang memerlukannya. Tidak boleh ada diskriminasi terhadap siswa dalam pelayanan bimbingan konseling. 7. Bimbingan konseling melayani orang sakit atau orang yang kurang normal adalah merupakan anggapan yang kurang tepat. Bimbingan konseling melayani orang yang normal dan sehat yang mengalami suatu masalah tertentu. Jika ada siswa yang mengalami masalah fisik (sakit) maka yang ia akan menjadi pasien dokter dan jika mengalami masalah psikis seperti gangguan jiwa yang atau stres maka sebaiknya menjadi pasien psikolog. 8. Bimbingan konseling bekerja sendiri. Hal tersebut merupakan anggapan yang keliru karena bimbingan konseling terintegrasi dengan program pendidikan dan pembelajaran lainnya di sekolah. Oleh karena itu guru pembimbing harus bekerja sama dengan orang-orang yang dapat membantu menanggulangi masalah-masalah yang dihadapi sisiwa seperti bekerja sama dengan orang tua, guru, teman di sekolah dan di luar sekolah. 9. Konselor harus aktif dan siswa harus pasif adalah anggapan yang tidak tepat, karena proses pelayan bimbingan konseling bukan hanya menuntut keaktifan dari konselor, namun juga menuntut keaktifan dari siswa. 10. Bimbingan konseling dapat dilakukan oleh siap saja. Ini merupakan anggapan yang keliru karena pelayanan bimbingan konseling dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan yang mengikuti teori, tujuan, metode dan asas tertentu. Oleh karena itu pelayanan bimbingan konseling tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. 11. Bimbingan konseling berpusat pada keluhan saja, juga merupakan anggapan yang keliru, karena pemberian layanan bimbingan konseling memang diawali dengan melihat gejala atau keluhan awal yang disampaikan oleh siswa. Tetapi seorang konselor apabila pembahasanya dikembangkan, sering kali ternyata masalah yang sebenarnya lebih kompleks dari yang disampaikan oleh keluhan pertama siswa, sehingga pemberian bantuan harus dipusatkan kepada masalah yang sebenarnya. Konselor harus mampu menyelami sedalam-dalamnya masalah siswa yang sebenarnya. 12. Bimbingan konseling harus memiliki hasil yang harus segera dilihat. Anggapan tersebut adalah merupakan anggapan yang keliru, karena pelayanan bimbingan konseling berkenaan dengan aspek-aspek psikis dan tingkah laku, yang tidak semudah membalik telapak tangan, yang kemungkinan hasil bimbingan tidak langsung terlihat. 13. Bimbingan konseling menggunakan pemecahan masalah yang sama kepada semua siswa. Padahal sebenanya setiap individu memiliki karakteristik yang berbeda antara satu dengan yang lain. Masalah yang sama dialami oleh dua orang yang berbeda kemungkinan akan menuntut cara pemecahan yang berbeda. 14. Bimbingan konseling memusatkan pada pengunaan instrumen. Ini merupakan anggapan salah karena instrumen hanyalah merupakan alat bantu dalam melakukan bimbingan konseling. Intrumen tersebut tidak boleh mengganggu, menghambat bahkan melumpuhkan usaha pelayanan bimbingan konseling. Artinya dengan instrumen atau tampa instrumen , usaha bimbingan pelayanan bimbingan konseling tetap harus dilakukan.

Masa modern sekarang ini terdapat berbagai pilihan karier yang sangat beragam, hal tersebut menuntut kemampuan peserta didik dalam menentukan karier yang dikehendaki agar sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki, selain itu setiap ...

Developing and Writing Your Thesis, Dissertation Or Project

A Book of Sound Advice about Conceptualizing, Organizing, Developing and Finalizing Your Terminal Graduate Research

This book offers definitive guidelines & practical pointers for organizing thesis, dissertations & term papers. The examples, facsimiles & "sample language" encourage students to "get started." It clarifies the challenge of selecting feasible topics & helps to fill the instructional support void faced by many graduate students when coursework is finished. An important supplement to research texts, it offers a simple, safe "formula" for an effective scholarly writing style.

This book offers definitive guidelines & practical pointers for organizing thesis, dissertations & term papers.

How to write a Coursework?

Finally it tells us to write a coursework step by step. So I think I like this book and
will buy it when I start my dissertation. Of course, I'll recommend this book to other
international students and I'm sure, they will have the same feeling just like me.

Just the Facts, Ma'am

A Writer's Guide to Investigators and Investigation Techniques

With practical information and extensive detail, former PI Fallis uses real-life scenarios to show writers how investigative professionals gather evidence, interview witnesses, determine motives and find the answers they seek.'

I also had him describe Becker's appearance on that day (in case he'd cut his
hair since the murder): mustache and short hair. I spoke to Eddie Barton, who
gave Becker a lift from his apartment to the Ford dealership in nearby Rochester.
Barton said he hadn't noticed any unusual behavior by Becker, although he had
seemed excited about the prospect of buying a pickup. I made an unannounced
visit to the dealership and talked to the woman who had discussed the truck with
Becker.

Follow the Smart Money

Discover How to Make Winning Trades on the Australian Sharemarket

Deciding which stock to buy is one, if not the most, important part of share trading. In Follow the Smart Money author, trader and market analyst Keith Nielsen shares his common-sense methods for selecting the right stocks. Find out how you can: benefit from the stock recommendations of multiple brokers discover what trades company directors are making follow market depth. The smart money techniques explained in this insightful book will not only help you decide which stocks to pick but will also help you identify the best times to buy and sell. Keith also introduces a new tool for your trading artillery an an essential part of finding that smart money -- the Nielsen Supply Demand Indicator. Using case studies, Keith shows how combining these methods can produce outstanding results. Whether you are new to the stock market of simply looking for a way to improve your trading performance, this book can help. These simple common-sense tools will ensure you are picking the right stocks and on your way to becoming a more profitable trader in no time! What are you waiting for? Go on, follow the smart money!

Using case studies, Keith shows how combining these methods can produce outstanding results. Whether you are new to the stock market of simply looking for a way to improve your trading performance, this book can help.

Professional UML Using Visual Studio .Net

What is this book about? If you want to use Visio to create enterprise software, this is the book for you. The integration of Visual Studio .NET Enterprise Architect and Visio for Enterprise Architects provides a formidable tool. Visio offers powerful diagramming capabilities, including such things as creating UML models, mapping out databases with Entity Relationship diagrams, and aiding the development of distributed systems. Its integration with Visual Studio .NET Enterprise Architect means that C# or Visual Basic .NET code can be generated from the UML diagrams, and Visual Studio .NET projects can be reverse engineered to UML models. For the developer already familiar with UML and looking to get the best out of Visio, the Visual Studio .NET and Visio for Enterprise Architects combination is weakly documented, and the quality information needed to realize the time-saving features of Visio just does not seem to be available, until now. This book presumes that you are already familiar with the basic concepts of UML notation — this book will not teach you UML. Instead, this book will take you forward into the Visio environment, showing you how to make the most of its software related features. What does this book cover? In this book, you'll learn how to Diagram business components in Visio Generate code from a UML model Reverse engineer Visual Studio .NET projects into a UML model Reverse engineer into a UML model without source code Document the project with UML and Visio Design distributed applications with Visio's diagrams Work with Entity Relationship database modeling, and round-trip engineering for database design

The Writer's Book of Wisdom

101 Rules for Mastering Your Craft

Providing for writers of any skill level, a concise guide outlines 101 techniques on everything from tone to characterization, sharing advice for both fiction and nonfiction writing projects, as well as word selection, sentence structure, and plot development. Reprint. 10,000 first printing.