Sebanyak 538 item atau buku ditemukan

PENGANTAR MANAJEMEN - Edisi Revisi

Buku Pengantar Manajemen ini disajikan sebagai alternatif sumber referensi bagi para mahasiswa yang menekuni mata kuliah atau sedang menyelesaikan tugas akhir yang berkaitan dengan Ilmu Manajemen. Buku ini kiranya bermanfaat bagi para eksekutif, konsultan, pengembang manajemen perusahaan, aparat publik, dan siapa saja yang menaruh atensi di bidang manajemen.

Buku Pengantar Manajemen ini disajikan sebagai alternatif sumber referensi bagi para mahasiswa yang menekuni mata kuliah atau sedang menyelesaikan tugas akhir yang berkaitan dengan Ilmu Manajemen.

Pengantar Manajemen

Organisasi atau perusahaan saat ini dihadapkan pada tantangan globalisasi, persaingan, perkembangan teknologi dan informasi, serta sistem sosial. Peran manajer dalam melakukan pengelolaan organisasi sangat dibutuhkan mencakup peran antar individual, informasional dan pengambilan keputusan. Manajer harus memiliki kompetensi atau keterampilan yang mendukung dalam menghadapi tantangan manajemen. Manajer harus memastikan proses manajemen dapat mencapai keunggulan bersaing secara berkelanjutan. Proses manajemen diawali dengan perencanaan yang menekankan pada penentuan visi, misi dan tujuan organisasi. Pengorganisasian perlu dilakukan agar tujuan dapat mudah tercapai dengan menerapkan stuktur, aturan formal dan pembagian tugas. Dalam rangka memastikan kesesuaian tujuan dengan pencapaian organisasi maka harus dilakukan pengawasan dan pengendalian. Proses manajemen tersebut diterapkan pada setiap fungsional manajemen, mencakup fungsi sumber daya manusia, pemasaran, keuangan, dan operasi. Buku ini berjudul “Pengantar Manajemen” menyajikan dasar pemahaman secara teoritis dan praktis dalam pengelolaan berbagai bentuk organisasi. Pembahasannya mencakup konsep dasar manajemen, arti sarana dan fungsi manajemen, perencanaan, organisasi, pemotivasian, konflik, pengendalian, dan pengambilan keputusan. Penulisan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, serta mengaitkan teori dengan praktik dalam proses manajemen organisasi atau perusahaan. Dengan demikian, buku ini bisa memberikan manfaat tambahan ilmu bagi para akademisi dan praktisi, serta sangat direkomedasikan bagi pelajar sebagai buku pedoman materi pengantar manajemen pada tingkat perguruan tinggi.

Dengan demikian, buku ini bisa memberikan manfaat tambahan ilmu bagi para akademisi dan praktisi, serta sangat direkomedasikan bagi pelajar sebagai buku pedoman materi pengantar manajemen pada tingkat perguruan tinggi.

INTRODUKSI MANAJEMEN PEMASARAN

Dasar dan pengantar manajemen pemasaran

Buku ini berisi tentang dasar dan konsep pemasaran, manajemen pemasaran, kegiatan pemasaran, segmenting, targeting, dan positioning, strategi pemasaran (marketing mix), kualitas pelayanan dan nilai pelanggan serta relationship marketing. Penyusunan buku berdasarkan kajian dan publikasi ilmiah serta pengalaman praktek di lapangan berkenaan dengan dunia usaha dan industri yang penulis dapatkan langsung dalam praktek. Selain itu juga terdapat beberapa kasus dalam bidang perbankan yang memang langsung berhadapan dengan nasabah. Keunikan buku initerletak pada manajemen pemasaran jasa dengan menambahkan dua indikator baru dari 7P yang ada menjadi 9P yang lebih fokus pada productivity dan priority.

Buku ini berisi tentang dasar dan konsep pemasaran, manajemen pemasaran, kegiatan pemasaran, segmenting, targeting, dan positioning, strategi pemasaran (marketing mix), kualitas pelayanan dan nilai pelanggan serta relationship marketing.

PENGANTAR MANAJEMEN Teori Dan Aplikasi

Perkembangan manajemen tidak jauh berbeda dengan pembangunan manusia itu sendiri. Artinya pengelolaan telah berlangsung sejak manusia ada di muka bumi ini, seiring dengan perkembangan dan tuntutan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada zaman dahulu atau batu Kaman, manusia juga menggunakan keterampilan dan keahliannya membuat alat dari batu untuk mewujudkan tujuan hidupnya. Berbagai konsep dan praktik manajemen dalam konteks dunia yang kompleks, dinamis, bergejolak, dan semakin mengglobal. Diskusi menekankan pendekatan fungsional atau proses untuk studi manajemen. Materi diskusi mencakup semua fungsi manajemen. Hal ini diharapkan dapat memberikan kerangka kerja untuk menganalisis dan memahami sifat pekerjaan dan keberhasilan manajerial, serta informasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja fungsi manajerial dalam masyarakat bisnis yang semakin kompetitif.

Perkembangan manajemen tidak jauh berbeda dengan pembangunan manusia itu sendiri.

PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Judul : PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM Penulis : Dr. Yunus, S.Pd.I, M.Pd.I., dan M. Khotib Arifai, S.E., M.M Editor : Mukhlisin, S. Kom.I., M.Pd.I Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 208 Halaman No ISBN : 978-623-497-242-9 Tahun Terbit : Januari 2023 SINOPSIS Buku ini sebagai proses strategi dalam penguatan manajemen pendidikan Islam proses pemanfaatan semua sumber daya melalui bantuan orang lain dan bekerjasama agar tujuan bersama bisa dicapai secara efektif, efesien, dan produktif. Sedangkan Pendidikan Islam merupakan proses transinternalisasi nilai-nilai Islam kepada peserta didik sebagai bekal untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan di dunia dan di akhirat. Buku ini membahas segala hal dan proses-proses yang berlangsung dapat benar-benar dikelola dengan baik sehingga proses pendidikan agar mencapai tujuan pendidikan Islam dapat lebih mudah terwujud. Ruang lingkup praktik manajemen pendidikan Islam meliputi manajemen kelembagaan dan program pendidikan Islam serta aspek spirit Islam melekat pada setiap aktivitas pendidikan., sentralisasi, rantai skalar, tertib, pemerataan, stabilitas dalam menjabat, inisiatif, dan semangat kelompok. Maka akan terwujud pembagian kerja, kejelasan dalam wewenang dan tanggung jawab, disiplin, kesatuan arah, lebih memprioritaskan kepentingan umum/organisasi daripada kepentingan pribadi dalam memberikan kontra prestasi.

Judul : PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM Penulis : Dr. Yunus, S.Pd.I, M.Pd.I., dan M. Khotib Arifai, S.E., M.M Editor : Mukhlisin, S. Kom.I., M.Pd.I Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 208 Halaman No ISBN : 978-623-497-242-9 Tahun Terbit : ...

Pengantar MANAJEMEN PEMASARAN

Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalahsebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuatindividu dan kelompok memperoleh apa yang merekabutuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukarantimbal balik produk dan nilai dengan orang lain. Pemasaranadalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancanguntuk merencanakan, menentukan harga, promosi danmendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskankeinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuanperusahaan.

Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalahsebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuatindividu dan kelompok memperoleh apa yang merekabutuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukarantimbal balik produk dan nilai ...

Studi Metodologi Tafsir

Sejarah penafsiran dan metodologi tafsir al-Qur’an telah melewati berbagai fase yang panjang, rumit dan kompleks. Awalnya, penafsiran merupakan usaha menemukan maksud yang sesuai dengan teks, namun pada tahap selanjutnya proyeksi penafsiran terkontaminasi dengan usaha menundukkan al-Qur’an demi kepentingan kelompok keagamaan dan individu. Dalam beberapa penelitian, produk-produk penafsiran al-Qur’an dari generasi ke generasi memiliki corak dan karakteristik yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, antara lain adalah adanya perbedaan situasi sosio-historis di mana seorang mufasir hidup. Bahkan situasi politik yang terjadi ketika mufasir melakukan kerja penafsiran juga sangat kental mewarnai produk-produk penafsirannya. Di samping cakupan makna yang dikan-dung oleh al-Qur’an memang sangat luas, perbedaan dan corak penafsiran itu juga disebabkan perbedaan keahlian yang dimiliki oleh masing-masing mufasir.

Pendidikan itu dimulai pada umur enam tahun ketika beliau dan sekeluarga pindah dari Maninjau ke Padang Panjang tahun 1914. Pada tahun 1916, Zainuddin Labai al-Yunusi mendirikan sekolah diniyah di Pasar Usang Padang Panjang, ...

METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF

Petunjuk Praktis untuk Penelitian Lapangan, Analisis Teks Media, dan Kajian Budaya

Buku Metodologi Penelitian Kualitatif ini berangkat dari pemikiran sederhana dan dari pengalaman keseharian penulis ketika mengajar metodologi penelitian kualitatif. Banyak keluhan dari mahasiswa ketika menyelesaikan tugas akhir mereka. Bahwa menyusun skripsi, tesis, dan disertasi ataupun penelitian lainnya terasa sangat sulit, terutama dalam menyelaraskan antara masalah, paradigma, pendekatan, dan teori dalam penelitian. Buku ini sengaja dimunculkan untuk mengatasi kegagapan tersebut, Makanya pembaca akan menemukan tuntunan ringkas dan sederhana dalam buku ini bagaimana caranya melakukan penelitian kualitatif. Petunjuk dan bimbingan praktis ini yang nyaris gagal disediakan oleh sebagian besar penulis metodologi penelitian kualitatif Kelebihan lain buku metodologi kualitatif ini adalah pembahasan tentang kajian budaya (cultural studies). Selama ini kajian budaya (cultural studies) di tempatkan di luar penelitian kualitatif. Ia merupakan pembahasan metodologi tersendiri. Padahal sepantasnyalah kajian budaya (cultural studies) berada dalam pendekatan kualitatif. Ini bisa dibaca dari sejarah dan asumsi dasarnya.

Buku Metodologi Penelitian Kualitatif ini berangkat dari pemikiran sederhana dan dari pengalaman keseharian penulis ketika mengajar metodologi penelitian kualitatif.

ANALISIS FRAMING Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media

Independen dan objektif, merupakan dua kata kunci yang menjadi kiblat dan klaim setiap jurnalis di seluruh dunia. Seorang jurnalis selalu menyatakan dirinya telah bertindak objektif, seimbang, dan tidak berpihak pada kepentingan apapun kecuali keprihatinan atas hak masyarakat untuk mengetahui kebenaran. Meskipun sikap independen dan objektif menjadi kiblat setiap jurnalis, pada kenyataannya kita seringkali mendapatkan suguhan berita yang beraneka warna dari sebuah peristiwa yang sama. Berangkat dari sebuah peristiwa yang sama, media tertentu mewartakannya dengan cara menonjolkan sisi atau aspek tertentu, sedangkan media lainnya meminimalisir, memelintir, bahkan menutup sisi/aspek tersebut, dan sebagainya. Ini semua menunjukkan bahwa di balik jubah kebesaran independensi dan objektivitas, seorang jurnalis menyimpan paradoks, tragedi, dan bahkan ironi. Dengan membandingkan beberapa pemberitaan di media, sangat mungkin kita akan menemukan kesimpulan yang setara, bahwa media apapun tidak bisa lepas dari bias-bias, baik yang berkaitan dengan ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, bahkan agama. Tidak ada satu pun media yang memiliki sikap vi Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media independensi dan objektivitas yang absolut. Tanpa adanya kesadaran seperti ini, mungkin saja kita menjadi bingung, merasa terombang-ambing, dan dipermainkan oleh penyajian media. Analisis framing merupakan salah satu alternatif model analisis yang dapat mengungkap rahasia di balik semua perbedaan (bahkan pertentangan) media dalam mengungkapkan fakta. Analisis framing dalam buku ini dipakai untuk mengetahui bagaimana realitas dibingkai oleh media. Dengan demikian, realitas sosial dipahami, dimaknai, dan dikonstruksi dengan bentukan dan makna tertentu. Elemen-elemen tersebut bukan hanya bagian dari teknis jurnalistik, melainkan menandakan bagaimana peristiwa dimaknai dan ditampilkan. Inilah sesungguhnya sebuah realitas politik, bagaimana media membangun, menyuguhkan, memper- tahankan, dan mereproduksi suatu peristiwa kepada pembacanya. Melalui analisis framing akan dapat diketahui siapa me- ngendalikan siapa, siapa lawan siapa, mana kawan mana lawan, mana patron dan mana klien, siapa diuntungkan dan siapa dirugikan, siapa menindas dan siapa tertindas, dan seterusnya. Kesimpulan-kesimpulan seperti ini sangat mungkin diperoleh karena analisis framing merupakan suatu seni kreativitas yang memiliki kebebasan dalam menafsirkan realitas dengan meng- gunakan teori dan metodologi tertentu. Dalam konteks ini, kita bisa melihat bagaimana penulis buku ini mampu membangun peta teoretis-metodologis dan melakukan analisis atas berbagai kasus yang pernah dimuat berbagai surat kabar dan majalah di Tanah Air. Buku ini dapat kami katakan memiliki “kesejajaran” dengan karya Eriyanto yang telah kami terbitkan sebelumnya, yang berjudul Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media (LKiS, April 2001). Kedua buku ini dapat menjadi teman dialog dan jembatan bagi pembaca untuk mendalami ilmu komunikasi, vii khususnya jurnalistik. Untuk bacaan yang lebih aplikatif tentang teks media, karya Agus Sudibyo berjudul Politik Media dan Pertarungan Wacana (LKiS, Agustus 2001) dapat pula memudah- kan pembaca dalam mendalami analisis ini. Kami menghaturkan terima kasih kepada Saudara Eriyanto yang mempercayakan penerbitan karya ini kepada kami. Demikian pula kepada Bapak Deddy Mulyana yang berkenan menularkan wawasannya dalam pengantar buku ini. Kami berharap buku ini dapat memberikan pencerahan kepada khalayak di tengah serbuan aneka macam media yang tak mungkin dapat dibendung lagi.

Tidak ada satu pun media yang memiliki sikap vi Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media independensi dan objektivitas yang absolut.

Lensa Gender Di Media Massa: Meta Analisis Politisi Perempuan

Buku yang saat ini di tangan pembaca ditulis oleh bapak Dr. Lutfi Basi t, di dalamnya memuat tentang analisis penulis tentang peran, representasi dan keterwakilan perempuan di parlemen, politik atau di ruang publik melalui kajian anlisis meta. Baginya, Islam justru tidak membatasi perempuan untuk aktif dan berkiprah di ruang publik dan ranah kepemimpinan, menurutnya perempuan dapat berkehendak dan memiliki kedudukan yang sama dengan laki -laki dengan berbagai potensinya masing -masing. Kemuliaan seseorang di hadapan Allah dinilai dari tingkat ketakawaannya. Lebih lanjut ia menyoroti masih minimnya peran perempuandan dikriminasinya media dalam peliputan perempuan di berba - gai ruang pemberitaan. Belum lagi budaya patriarki yang masih sangat sering dijumpai, yang menganggap perempuan hanya manusia lapis kedua.

Pada akhir 1980-an, ilmu media menerapkan kerangka yang lebih luas dari teori feminis umum di luar bidang komunikasi untuk mengkaji teks-teks media massa. Teori retorika feminis berfokus pada argumentasi politik yang mendukung ...