Sebanyak 96 item atau buku ditemukan

Pendidikan Islam Transformatif ala KH.Abdurrahman Wahid

Penulis : Efendi,S.Pd.I Hal :192 ISBN : 978-602-6364-96-8 Sinopsis : Berbicara tentang dinamika pendidikan Indonesia, berarti tidak bisa meninggalkan pembahasan tentang keadaan masyarakatnya yang pluralis, baik itu agamanya atau kebudayaannya. Realitas tersebut kemudian mengidealkan penyikapan yang toleran serta demokratis. Harapannya agar interaksi sosial dan dalam membangun peradaban bangsa sesuai dengan amanah Pancasila dan UUD 1945, sehingga komunikasi yang terjalin bisa positif dan sesuai dengan nilai-nilai kearifan lokal. Realita peradaban suatu masyarakat dewasa ini semakin hari terus berkembang dan tak terhentikan, mulai dari kontak antara satu budaya dengan budaya lainnya, pendidikan, sikap toleransi umat manusia, dan orientasi masa depan manusia. Hal tersebut merupakan hal-hal yang mau tidak mau selalu dilakukan. Padahal, manusia sebagai makhluk sosial berarti setiap individu tidak mungkin hidup layak tanpa terkait dengan kelompok masyarakat manusia lainnya. K.H. Abdurrahman Wahid, atau yang biasa disapa dengan Gus Dur memberi jalan tengah dari permasalahan tersebut. Pemikiran Gus Dur mengenai pendidikan Islam berusaha mengambil jalan tengah, tetap menjaga nilai-nilai tradisional dan menyerap modernisme barat. Pemikiran Gus Dur ini disebut neomodernisme, yaitu suatu gerakan progresif dalam pemikiran Islam yang tidak hanya timbul modernisme Islam, tetapi juga sangat tertarik pada pengetahuan tradisional. Neomodernis mengajukan argumen bagi diterimanya pendekatan yang bersifat hilistik terhadap ijtihad. Pendidikan Islam dalam perspektif Gus Dur tidak lepas dari peran pesantren sebagai salah satu instuisi pendidikan Islam yang menjadi wahana resistensi moral dan budaya atau pewaris tadisi intelektual Islam tradisional.

dalam kegiatan perdagaangan di lautan India, yang di dominir oleh orang-orang
Islam. ... cukup alasan untuk menyimpulkan bahwa sejak akhir abad ke-15, Islam
telah mengantikan Hinduisme sebagai senjata utama bagi langkah-langkah ...

100% Olimpiade IPA Terpadu Tingkat SD

Cara Terjitu Juara Dalam Olimpiade

Untuk dapat menang dalam Olimpiade, sebenarnya bukanlah sesuatu yang sulit. Semua bisa saja kamu raih. Kuncinya adalah kamu menguasai soal-soal yang diujikan dalam Olimpiade. Buku yang diterbitkan oleh penerbit LEMBAR PUSTAKA INDONESIA ini terangkum dari soal-soal IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) yang sering keluar dalam Olimpiade SD. Sehingga, ketika kamu mampu menguasainya, itu berarti kamu telah siap melawan para peserta Olimpiade yang lainnya untuk menjadi juaranya. -Lembar Langit Indonesia Group-

Untuk dapat menang dalam Olimpiade, sebenarnya bukanlah sesuatu yang sulit.

Panduan Lengkap USM STAN 2015

Kum[ulan Soal - soal yang Sering & Selalu Keluar Setiap Tahunnya

STAN adalah kampus yang akan menghasilkan pegawai-pegawai yang akan di tempatkan di Instansi-instansi krusial. Untuk menghasilkan pegawai yang berintegritas, STAN selalu menerapkan disiplin yang tinggi, terutama kejujuran. Agar anda mampu bersaing dan lulus Ujian Saringan Masuk STAN, anda harus terbiasa menyelesaikan soal-soal yang akan diujikan di dalam USM STAN. Buku yang diterbitkan oleh penerbit LEMBAR PUSTAKA INDONESIA ini berisi jenis-jenis soal yang biasanya diujikan dalam USM STAN. Seperti Tes Kemampuan Umum, Tes Bahasa Indonesia - Inggris, Tes Potensi Akedemik . Jika anda mampu menyelesaikan soal-soal yang ada di dalam buku ini, maka kemungkinan besar anda bisa lulus dalam Ujian Saringan Masuk STAN. -Lembar Langit Indonesia Group-

STAN adalah kampus yang akan menghasilkan pegawai-pegawai yang akan di tempatkan di Instansi-instansi krusial.

Jurus Rahasia Mendapatkan Nilai 100

Buku Cerdas Berprestasi SD / Mi Kelas 2

Untuk menguasai dan mendapatkan nilai tertinggi dari semua teman-teman kamu, tentu saja kamu harus banyak berlatih dan menguasai semua soal-soal. Dan untuk menjadi Ranking, semua soal di semua Mata Pelajaran harus atau wajib kamu kuasai. Karena alasan itulah, maka konsep buku kumpulan soal-soal semua mata pelajaran ini disusun. Buku ini berisikan soal-soal dari semua bidang study mata pelajaran. Mata Pelajaran di sini tentu saja Mata Pelajaran yang memiliki nilai penting dalam penilain di rapor. Untuk itulah soal-soal yang tersaji di sini adalah soal-soal yang biasa dipergunakan guru atau pembuat soal ujian untuk Ulangan dan Ujian. Maka dengan menguasai semua soal-soal dalam buku ini, dapat dipastikan kamu akan mampu dan aman dalam menghadapi soal-soal di UH, UTS, US dan UKK. Semoga saja buku penerbit LEMBAR PUSTAKA INDONESIA ini dapat menjadi panduan bagi siswa-siswi dan bisa di gunakan sebaik-baiknya. -Lembar Langit Indonesia Group-

Untuk menguasai dan mendapatkan nilai tertinggi dari semua teman-teman kamu, tentu saja kamu harus banyak berlatih dan menguasai semua soal-soal.

Panduan Lengkap Ujian SBMPTN SOSHUM 2015

Kumpulan Soal - soal yang Sering & Selalu Keluar

SBMPTN sudah menjadi ajang yang selalu ramai setiap tahunnya. Karena ini merupakan ujian yang diadakan untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia. Sehingga setiap tahunnya ratusan ribu orang berbondong-bondong untuk bisa mengikutinya. Karena untuk masuk ke berbagai universitas impiannya para pelajar harus melewati seleksi bersama ini. Buku yang diterbitkan oleh penerbit LEMBAR PUSTAKA INDONESIA ini berisi jenis-jenis soal yang biasanya diujikan dalam SBMPTN. Jika anda mampu menyelesaikan soal-soal yang ada di dalam buku ini, maka kemungkinan besar anda bisa lulus dalam ujian SBMPTN. Karena soal-soal yang ada di dalam buku ini tidak jauh berbeda dengan soal-soal yang ada di SBMPTN. Dengan adanya buku ini, semoga bisa membantu anda dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam ujian Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri. -Lembar Langit Indonesia Group-

Penulisan judul makalah yang benar adalah Kiat Menumbuhkan Kesehatan
dalam Kehidupan Sehari-hari. Jawaban: E. Kiat Menumbuhkan Kesehatan
dalam Kehidupan Seharihari. Kelompok kata yang tepat adalah pusat
perbelanjaan.

Pemanfaatan Candi Bahal sebagai Media Pembelajaran Alam Terbuka dalam Proses Belajar Mengajar

Candi Bahal I, II, dan III Padang Lawas, Sumatera Utara, yang diperkirakan dibangun pada abad ke-11, memiliki potensi yang sangat besar sekaligus penting untuk dijadikan sebagai media pembelajaran alam terbuka bagi peserta didik. Karena tidak terikat ruang kelas, belajar di alam terbuka memiliki kelebihan tersendiri, khususnya demi mendekatkan peserta didik dengan kekayaan budaya lokal. Candi Bahal sebagai ciptaan manusia adalah sim bolisasi fisik atas nilai-nilai kepercayaan manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa, apalagi candi ini oleh Pemerintah Republik Indonesia telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kebudayaan Pariwisata Nomor PM.88/PW.007/MKP/2011 tanggal 17 Oktober 2010. CandiBahal I, II dan III sebagai media pembelajaran alam terbuka juga mengandung nilai religi, toleransi hidup beragama, seni arsitektur, rekreasi, sejarah dan nilai kebhinekaan. Konsep media pembelajaran alam terbuka memang belum dikenal luas di Sumatera Utara, utamanya oleh guru-guru dan peserta didik. Padahal, model pembelajaran inovatif perlu kerap diselenggarakan sebagai upaya meningkatkan daya serap peserta didik terhadap ilmu. Dengan konsep belajar di luar ruang kelas, maka proses belajar akan lebih interaktif, konkret, dan kontekstual, karena peserta didik secara langsung dapat melihat ataupun menyentuh bangunan bersejarah dan bahkan dapat berfoto di lokasi bangunan bersejarah dimaksud. Selain itu dengan melihat langsung objek-objek bangunan bersejarah menjadi aspek penting dalam penyediaan lingkungan belajar yang baru. Hal ini merupakan perwujudan dari Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah berbunyi; Kompetensi Inti sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas: Inti sikap spiritual; Kompetensi Inti sikap sosial; Kompetensi Inti pengetahuan; dan Kompetensi Inti keterampilan [Pasal 3 ayat 3]. Candi Bahal I, II dan III sebagai media pembelajaran alam terbuka dapat dipergunakan oleh berbagai guru bidang studi seperti guru bidang studi PPKn, Agama, Sejarah, IPS, dan lain-lain.Guru-guru tersebut memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam mempergunakan candi sebagai medianya dalam proses belajar mengajar dengan seluruh peserta didiknya. Di masa depan, dengan semakin optimalnya candi Bahal dijadikan sebagai media pembelajaran alam terbuka, diharapkan dapat memupuk kesadaran guru, peserta didik dan masyarakat dalam melestarikan warisan budaya tersebut, karena saat ini pemeliharaan candi dimaksud masih belum optimal.

Pendahuluan SALAH satu penunjang dalam proses belajar mengajar antara
guru dan peserta didiknya adalah media pembelajaran. Media pembelajaran
memiliki peran dan fungsi penting dalam proses belajar mengajar. Pemilihan
media ...

Publikasi Ilmiah Guru

KEGIATAN PROFESIONAL GURU SEBAGAI PENGEMBANGAN KEPROPESIAN BERKELANJUTAN

Kenaikan pangkat dan jabatan fungsional guru adalah harapan semua guru yang memiliki hak untuk itu sebagai bentuk peningkatan karier and kualifisi ke-profesionalime-an. Untuk dapat menduduki pangkat dan jabatan fungsional tertentu, seorang guru harus telah melakukan kegiatan professional sebagai seorang guru. Setiap butir kegiatan professional yang dilakukan oleh guru dalam melakoni tugas dan fungsinya dalam kehidupan pembelajaran di satuan pendidikan diberikan angka kredit tertentu. Angka kredit inilah yang akan dijadikan landasan untuk pangkat dan jabatan seorang guru. Kenaikan pangkat dan jabatan fungsional guru diatur dalam berbagai peraturan atau perundang-undangan, salah satunya Permeneg PAN dan RB No 16, tahun 2009, tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Dalam Peraturan tersebut, kenaikan pangkat seorang guru dari jabatan guru pertama sampai pada guru Pembina, harus memiliki angka kredit dari unsur pengembangan keprofesian berkelanjutan, yaitu pengembangan diri dan publikasi ilmiah. Sedangkan pada peraturan sebelumnya, Keputusan Mennegpan Nomor 84, tahun 1993, karya tulis ilmiah guru dibutuhkan hanya dari guru Pembina, golongan ruang, IV/a. Guru mengalami kesulitan dalam memenuhi tuntutan persyaratan naik pangkat dan jabatan fungsional dari pangkat Pembina dan jabatan guru pembeina golongan ruang IV/a ke atas. Sehingga guru sebelum permenneg PAN dan RB Nomor 16 tahun 2009 tersebut, mentok pada pangkat, jabatannya dan golongan rungan Pembina, IV/a. Tetapi setelah diberlakukannya permenneg tersebut, seorang guru bila ingin naik pangkat harus telah memiliki nilai angka kredit dari pengembangan keprofesian berkelanjutan yang terdiri atas pengembangan diri, publikasi ilmiah atau karya inovatif, sejak seorang guru menjabat sebagai seorang guru pertama. Untuk guru pertama memang tidak diperlukan nilai angka kredit dari publikasi ilmiah tetapi harus memiliki nilai angka kredit dari pengembangan diri. Kegagalan guru dalam meniti karir atau naik pangkat dan jabatan fungsional guru ini mungkin disebabkan karena guru tidak mampu meraih angka kredit publikasi ilmiah atau karya tulis ilmiah. Ketidakmampuan guru dalam menyusun atau membuat karya publikasi ilmiah mungkin dikarenakan guru kurang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup atau memadai untuk melakukan kegiatan tersebut. Buku ini diharapkan dapat dijadikan sebagai alternatif referensi dari berbagai referensi yang ada. Walaupun buku ini disusun berdasarkan pada buku-buku yang berkaitan dengan pengelolaan pengembangan keprofesian berkelanjutan dan sumber-sumber lain yang dianggap relevan, ketidaksempurnaan dalam berbagai manifestasinya, pengetikan, tata letak, isi maupun pengutifan dapat terjadi diluar kemampuan penulis. Kontribusi dari para sahabat untuk pembenahan dan perbaikan buku ini sangat diharapkan. [Publikasi, Ilmiah, Guru, KEGIATAN, PROFESIONAL, GURU, SEBAGAI, PENGEMBANGAN, KEPROPESIAN, BERKELANJUTAN, setiadi]

Dalam Peraturan tersebut, kenaikan pangkat seorang guru dari jabatan guru pertama sampai pada guru Pembina, harus memiliki angka kredit dari unsur pengembangan keprofesian berkelanjutan, yaitu pengembangan diri dan publikasi ilmiah.

Buku Pedoman Umum Pelajar EKONOMI Rangkuman Inti Sari Ekonomi Lengkap SMA Kelas 1, 2, 3

Panduan Terpadu Pelajar Sistem Bimbe

Lihat saja isi buku ini dan bandingkan dengan buku-buku lainnya yang sejenis, begitu lengkap dan padat. Semua materi-materi yang memang harus kamu kuasai, dirangkum secara cermat dan terpadu di dalam buku ini. Dengan adanya buku yang diterbitkan oleh VICOSTA PUBLISHING ini, maka dipastikan kamu sudah tidak membutuhkan buku-buku lainnya yang lebih tebal dan isinya tidak fokus langsung ke inti pelajaran. Inilah buku yang sangat dibutuhkan siapa pun, sebagai teman belajar diwaktu yang terbatas dengan konsep Sistem Kebut Semalam... -Lembar Langit Indonesia Group-

Buku Pedoman Umum Pelajar EKONOMI Rangkuman Inti Sari Ekonomi Lengkap
SMA Kelas 1, 2, 3 Hak cipta © 2015 pada Penulis Tri Astuty S.Pd.I Editor Daffa
Disign Sampul Wish Wildan Shaula Layout Muhammad Nurun Shofi 254 hlm; 13
x 19 Penerbit Vicosta Publishing ... Jakarta Cetakan Pertama 2015 ISBN 978-602
-0928-22-7 Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT) Segera
dapatkan koleksi buku Vicosta Publishing yang berikutnya...!! KATA
PENGANTAR ...

Alat Peraga Untuk Pelajar Tunarungu

Penggunaan Bentuk Dua Dimensi Bangun Datar Pada Siswa Tunarungu

Bagaimana hasil dari penggunaan media belajar berupa alat peraga dua dimensi jika diterapkan pada siswa tunarungu? Bagaimana penerapannya? Mungkin itu adalah beberapa pertanyaan yang terlintas saat Anda melihat judul buku ini. Mungkin penggunaan alat peraga di sebuah sekolah luar biasa merupakan sebuah hal yang umum dilakukan. Akan tetapi, penggunaan yang didasarkan dan diteliti dengan dasar ilmiah sangat jarang ditemukan. Umumnya penggunaan alat peraga hanya sekadar getok tular tanpa didasarkan data empiris. Buku ini merupakan adaptasi dari sebuah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan oleh penulis di sebuah SDLB kelas 2 tunarungu. Buku ini akan menjelaskan tentang penerapan dari penggunaan alat peraga dua dimensi, terutama pada pelajaran Matematika. Selain itu, juga akan dipaparkan bagaimana hasil dari penerapan alat peraga tersebut

Media pembelajaran adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu
yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan
kemampuan atau keterampilan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya ...

Juz Amma Terjemahan Indonesia-Inggris

FT1£0C- iOC iOC iOC iOC iOC «OC iOC DOA-DOAPILIHAN DARI DALAM AL-
QURAN 1. DOA MOHON KEHANCURAN KAUM KAFIR iiii .1» ^isdi ^i > jij S 03 '
s s h\ ijiL; aii^ i^U; j^i* 01 IjUS* l>-li Rabbi laa tadzar 'alal ardhi minal kaafiriina ...