Sebanyak 50982 Textbook ditemukan

Arsitektur Masjid

Buku ini merupakan buku ajar mata kuliah Arsitektur Masjid di Prodi Arsitektur Universitas Muhammadiyah Surakata (UMS) dengan beban perkuliahan 2 SKS yang diperuntukkan bagi mahasiswa semester 6. Selain diperuntukkan untuk mahasiswa, buku ini juga diperuntukkan untuk masyarakat luas, terutama pemuda dari kalangan umat Islam, dengan tujuan agar terbentuk pemahaman yang tepat terhadap masjid dan kaitannya dengan Islam dan ummah, sehingga diharapkan buku unu dapat menjadi dasar serta panduan beramal dalam mendirikan dan membina masjid di lingkungan kehidupan komunitas umat Islam. Dimensi idealitas dan realitas yang merupakan subjudul buku ini bermakna bahwa substansi yang termuat di dalamnya terdiri dari dua dimensi, yakni (1) dimensi idealitas arsitektur masjid yang merujuk pada sumber-sumber Islam; dan (2) dimensi realitas merujuk pada berbagai permasalahan kekinian arsitektur masjid yang sedang dihadapi oleh umat Islam, terutama di Indonesia. Perbedaan mendasar buku ini dibandingkan referensi arsitektur masjid lainnya terletak pada pendekatan yang digunakan, yakni pendekatan holistik yang menempatkan arsitektur masjid sebagai institusi khas Islam sekaligus fenomena Peradaban Islam dengan menitikberatkan pada aspek fungsi sebagai unsur utama arsitektur masjid yang secara langsung berkaitan dengan tujuan pendirian dan pembinaan masjid oleh umat Islam di lingkungan kehidupannya yang tidak lain ialah untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.

Manajemen Masjid: Mengoptimalkan Fungsi Sosial-Ekonomi Masjid. Bandung: Benang Merah Press. Rochym, Abdul. 1983. Sejarah Arsitektur Islam; Sebuah Tinjauan.

Arsitektur Masyarakat Agraris dan Perkembangannya

Arsitektur hadir dalam kehidupan manusia sebagai kebutuhan dasar akan hunian. Perkembangan kebudayaan dalam masyarakat biasanya diikuti pula perkembangan ciri arsitekturnya. Hal tersebut merupakan bukti bahwa arsitektur tidak bisa dilepaskan dari kebudayaan masyarakatnya. Melihat kebudayaan bukan hanya terpatri pada kebiasaan masa lalu, akan tetapi lebih pada karakter dasar yang membentuk masyarakat tersebut, salah satunya adalah masyarakat agraris. Kebiasaan yang terbentuk melalui pengelolaan dan penyesuaian terhadap potensi alam melahirkan budaya yang arif dalam berkehidupan. Berbagai bentuk penghargaan sebagai wujud rasa syukur diwujudkan melalui beragam tradisi yang berkembang di masyarakat agraris. Arsitektur sebagai bagian dari budaya tersebut tidak luput dari sentuhan tangan arif sehingga melahirkan hunian yang berkarakter. Beragam variasi hunian juga dimenggambarkan semakin berkembangnya kebudayaan dalam masyarakat agraris tersebut. Melalui tradisi tutur, hunian bahkan juga turut memperkaya khasanah budaya kita, terlihat dari bagaimana transfer knowledge yang dilakukan masyarakat agraris meskipun tanpa tradisi tulisan, namun dapat tersampaikan antargenerasi. Dalam buku ini dijelaskan bagaimana budaya masyarakat agraris terbentuk, kemudian melahirkan ruang-ruang huniannya hingga perkembangannya kini terutama setelah lahirnya industri menyentuh kebudayaan mereka.

Madura Dalam Empat Zaman: Pedagang, Perkembangan Ekonomi dan Islam. Suatu Studi Antropologi Ekonomi. Jakarta: PT. Gramedia.

TINJAUAN HISTORIS HUBUNGAN JAWA-MELAYU DALAM DUNIA ARSITEKTUR MELAYU SUMATERA SELATAN SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH

Buku ini memuat tentang cara untuk mengetahui relasi arsitektur Jawa-Melayu dari masa Saylendra Jawa sampai abad 19 M di Sumatera Selatan yang dapat dimanfaatkan sebagai materi pembelajaran sejarah di sekolah menengah atas.

Ketika Palembang dalam kontrol ekonomi China, Pangeran Palembang, ... Ketika ia masuk ke Palembang orangorang di Palembang sudah memeluk Islam, ...

Arsitektur Kuno Dan Modern

Buku Tinjauan Populer Arsitektur Kuno dan Modern memaparkan berbagai hal yang unik dan menarik dari berbagai bangunan yang ada pada berbagai kota di wilayah Tunisia, Afrika Utara. Berbagai hal yang menonjol dan memiliki nilai arsitektur yang tinggi yang kiranya perlu diketahui untuk para mahasiswa dan pemerhati dari bidang: Arsitektur, Arkeologi, dan Pariwisata. Antara lain suatu kota yang bernama Matmata merupakan satu peninggalan peradaban manusia pada masa lampau, di mana bangunannya berada di bawah tanah namun masih eksis sampai dewasa ini dan dipertahankan bahkan berfungsi sebagai hotel. Tidak ada tanda-tanda kehidupan di atas tanah, hanya antena-antena televisi yang bermunculan dari bawah tanah. Arsitektur Kuno ini memperkaya dan memperluas wawasan yang sarat dengan cikal bakal Arsitektur Modern dewasa ini pada bangunan-bangunan di Bulla Regia, Dougga, Thuburbo Majus, Kartago. Di samping itu, dibahas pula ber-bagai Arsitektur Kuno lainnya yaitu: El Djem, Utique, Zaghouan, Kairouan. Arsitektur Modernnya adalah Kota-kota Pantai (Bizerte, Tabarka, Ain Draham, Tunis, La Gammarth, La Marsa, Sidi Bou Said, La Goullette, Hammamet, Korbus, Nabeul, Sousse, Port El Kantaoui, Monastir, Mahdia, Sfax, Pulau Kerkennah, Gabes, Pulau Djerba-Zarzius) Sementara yang menarik untuk bidang pariwisata selain tempat tersebut di atas juga adanya Kota-kota di Gurun Pasir misalnya seperti di Kebili, Gafsa, Chebika, Douz, Ben Gardane, Tozeur. Di samping itu, dipaparkan tentang Studi Banding antara unsur-unsur Arsitektur Romawi di Kota Dougga, di Tunisia dan Kota Pompei di Italia. Yang menarik juga adanya Profil Medina -sebuah Kota Arab di Tunis. Ruang Bawah Tanah (Bulla Regia dan Matmata di Tunisia-Afrika Utara) dan Hasil Studi Pengaruh Psikologis dan Fisiologis Manusia di Ruang bawah Tanah dari Bangunan Masa Kini dijelaskan secara teoretis juga pada buku ini. Diawali dengan pembahasan Teori Konsep Arsitektur Mediterania, dipaparkan tentang Arsitektur Bangunan Modern dan rumah-rumah di Pantai, Lembah Subur, sampai dengan Gurun Pasir di Tunisia. Sebagai penutup disajikan Serba-Serbi yang Menarik di Tunisia dari Makanan, Minuman, Kafe, Pakaian, Iklim, Polusi, Perumahan, Binatang, Sayur-Mayur, Buah-buahan, Kerajinan Tangan, Musik dan Tarian, Makanan Pokok, Bahasa, Pariwisata, Bangga Akan Produksi Dalam Negeri, Buah Zaitun, Hari Raya Iedul Adha.

... negara tersebut maupun pengaruh adanya hubungan-hubungan ekonomi dan politik, ... Utara dan Selatan, tradisi-tradisi Kristen, Muslim/ Islam dan Yahudi.

Arsitektur Akhlak dan Budi Pekerti dalam Interaksi Lintas Budaya

Manusia sebagai makhluk individu, sosial, dan budaya memiliki akhlak dan budi pekerti yang menempatkan dirinya pada kedudukan yang luhur dan terpuji, dan sekaligus dapat membedakannya dengan makhluk-makhluk lain dalam kehidupan alam semesta. Akhlak dan budi pekerti memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter manusia Indonesia. Akhlak dan budi pekerti, berorientasi pada nilai-nilai spiritual,nilai-nilai kemanusiaan dan kelestarian lingkungan hidupnya. Nilai-nilai itu selalu berada dan tidak pernah terpisahkan dari kehidupan manusia, karena ia merupakan makhluk yang terdiri dari dua unsur yang menyatu, yaitu fisik dan rohani. Nilai rohani merupakan nilai individual dan universial yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya, sedang nilai kemanusiaan merupakan nilai yang berada di tengah masyarakat sebagai realisasi dari sifat sosial yang ada pada diri manusia. Kehidupan manusia di tengah masyarakatnya akan lebih bermakna, apabila setiap individu memperhatikan tanggungjawab terhadap dirinya sendiri, terhadap masyarakat lingkungannya yang didasari oleh nilai-nilai akhlak dan budi pekerti. Perwujudan nilia-nilai itu harus dibuktikan dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat.

kepercayaan yang berbeda-beda, seperti Islam, Katolik, Kristen Protestan, Hindu, ... terhadap berbagai macam fenomena sosial, budaya, ekonomi, politik, ...

Arsitektur Tradisional Daerah Jawa Barat

Buku ini memuat uraian tentang jenis bangunan yang ada di daerah Jawa Barat, yaitu rumah tempat tinggal, rumah ibadah, rumah tempat musyawarah, dan rumah tempat menyimpan. Selain itu diuraikan tentang proses mendirikan bangunan mulai dari persiapan, tahap pekerjaan, pembuatan dan pemasangan ragam hias serta beberapa upacara yang dilaksanakan berkaitan dengan pendirian bangunan tersebut.

Untu upacara yang berhubungan dengan peringatan hari-hari besar Islam dilakukan ... Pusat kegiatan ekonomi masyarakat masih terdapat di pasar-pasar yang ...

Arsitektur Tradisional Daerah Nusa Tenggara Timur

Kehidupan ekonomi dibina oleh nilai-nilai religius, nilai-nilai etik dan ... agama Islam, Kristen Protestan, Katholik dan aliran-aliran agama Kristen ...