Sebanyak 50908 Textbook ditemukan

Arsitektur Tradisional Sumatera Barat

Buku ini memuat uraian tentang jenis bangunan yang ada di daerah Sumatera Barat, yaitu rumah tempat tinggal, rumah ibadah, rumah tempat musyawarah, dan rumah tempat menyimpan. Selain itu diuraikan tentang proses mendirikan bangunan mulai dari persiapan, tahap pekerjaan, pembuatan dan pemasangan ragam hias serta beberapa upacara yang dilaksanakan berkaitan dengan pendirian bangunan tersebut.

... yang belum kawin tidur di langgar yang disebut "surau" (setelah Islam masuk), ... untuk menampung pertimbangan ekonomi rumah adat baru jarang ditemukan.

Arsitektur Islam

pemikiran, diskusi, dan pencarian bentuk

On Islamic architecture in Indonesia.

pat namun dengan harga yang murah dan dapat terjangkau oleh masyarakat dengan kemampuan ekonomi yang lemah . Hal ini memberikan sebuah dimensi tambahan yang ...

Arsitektur masjid

Buku ini dipilih, karena kandungannya yang menempatkan cara pandang budaya terhadap gejala arsitektur. Cara yang demikian ini diproyeksikan mampu memberi nilai terhadap arsitektur bukan hanya sekadar gejala fisik belaka, bahkan memberi bobot makna. Buku ini membedah arsitektur masjid, sentra arsitektur Islam, yang ternyata dalam perpektif budayanya, ia menjadi pewaris dan penerus kebudayaan dan peradaban agung umat manusia. Cara pandang ini memberikan kekayaan pengalaman praktek kehidupan keagamaan yang utuh, liat dan lentur, menerjemahkan doktrin keyakinan dalam kancah pergaulan peradaban yang nyata. Saling pinjam budaya, penapisan, dan pemilihan yang bersesuaian dengan doktrin tanpa terkesan merusak, bahkan memberi imbuhan nilai terhadap pencapaian peradaban baru, dicoba diketengahkan dalam paparan ini. Alhasil, buku ini memang berbicara tentang hidup dan kehidupan peradaban dan kemanusiaan, lewat arsitektur. [Mizan, Bentang, Agama, Motivasi, Indonesia]

... ekonomi , hukum , seni sarang tawon muqarnas , yang tumbuh bahkan ibadah ... fisik antarsesama manusia maupun arsitektur Islam . kepada Khaliqnya .

RUMAH ETNIK KERINCI ARSITEKTUR DAN SENI UKIR

Buku Rumah Etnik Kerinci: Arsitektur dan Seni Ukir ini membahas bentuk, struktur dan elemen pendukung rumah larik Kerinci. Disertai pembahasan seni ukir dan berbagai aspek sosial budaya di tengah masyarakat Kerinci, yang menaungi keberadaan rumah larik tersebut. Rumah larik, merupakan salah satu bentuk arsitektur tradisional di Nusantara, yang saat ini mulai ditinggalkan masyarakat Kerinci. Kondisi tersebut menggugah penulis untuk mendokumentasikannya dalam buku ini.

... dengan sistem pemerintahan adat serta pelaksanaan ajaran agama Islam yang taat, ... tersebut secara tidak lansung meningkatkan perekonomian masyarakat.

Perkembangan arsitektur masjid di Jawa Timur

Jadi , menurut ajaran Islam sumber hukum yang tertinggi adalah Al Quran yang ... 1. bahasa ; 2. sistem teknologi ; 3. sistem mata pencaharian atau ekonomi ...

Arsitektur Tradisional Daerah Istimewa Yogyakarta

Buku ini memuat uraian tentang jenis bangunan yang ada di daerah Yogyakarta, yaitu rumah tempat tinggal, rumah ibadah, rumah tempat musyawarah, dan rumah tempat menyimpan. Selain itu diuraikan tentang proses mendirikan bangunan mulai dari persiapan, tahap pekerjaan, pembuatan dan pemasangan ragam hias serta beberapa upacara yang dilaksanakan berkaitan dengan pendirian bangunan tersebut.

Adapun faktor penyebabnya adalah faktor ekonomi yang selalu menekankan ... Misalnya ragam hias kaligrafi, ragam hias ini jelas datang dari budaya Islam.

Mesjid Bersejarah Aceh Dalam Perspektif Kenyamanan Spasial Arsitektur

Buku ini ditulis dengan maksud untuk melestarikan masjid tua yang syarat dengan bukti sejarah, melalui evaluasi beberapa masjid tua dan modifikasinya di Aceh. Evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi kenyamanan spasial dari perspektif sains Arsitektur. Kenyamanan spasial secara sains arsitektur melingkupi kenyamanan termal, kenyamanan pencahayaan alami dan kenyamanan akustik ruang yang dibutuhkan untuk menghadirkan suasana khusyuk dalam beribadah. Kenyamanan spasial yang lebih harmonis dengan iklim lokal juga merupakan isu besar dalam karakter bangunan berkelanjutan. Pada buku ini, evaluasi kenyamanan spasial hanya dilakukan pada tiga (3) masjid yang sudah sangat tua yang masih memiliki bentuk asli walau sudah dimodifikasi dan masih difungsikan. Masjid yang akan diukur adalah masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh; Masjid Indrapuri Aceh Besar; dan Masjid Teungku Dipucok Krueng, Beuracan, Pidie Jaya.

Masjid ketika Raja Lamuri memeluk agama Islam. ... masjid bangunan ini digunakan sebagai pusat kegiatan masyarakat terutama kegiatan pendidikan dan ekonomi.

Mesjid dalam karya arsitektur nasional Indonesia

... aspek kegiatan kaum Muslimin yang berkaitan dengan pelaksanaan ajaran Islam . ... cara ajaran Islam , sehingga berkaitan dengan masalah sosial , ekonomi ...

Menara Mesjid Kudus dalam tinjauan sejarah dan arsitektur

Dari seluruh potensi kerajaan - kerajaan Islam kecil di sepanjang pesisir Pulau ... ke Malaka dan Trenggono ke Timur , selain bermotif politik dan ekonomi ,.

Arsitektur tradisional Minangkabau

nilai-nilai budaya dalam arsitektur rumah adat

Masuknya Agama Islam ke Minangkabau dengan mudah dapat di terima karena ... sumber ekonomi seperti sawah ladang pemanfaatanya terutama untuk kaum ibu ...